Bagaimana cara mengukus ayam yang baik?

Siapa sih yang tidak pernah mengonsumsi daging ayam? Ayam rebus biasanya dikenal dengan rasanya yang hambar.

1. Gunakan ayam yang telah dipotong-potong

Agar bumbu-bumbu bisa meresap sempurna saat diungkep, sebaiknya anda memotong ayam menjadi bagian yang lebih kecil. Jika ayam utuh langsung diungkep, maka bumbunya akan sulit meresap hingga ke bagian dalam.

2. Bumbu yang Halus

Setelah ayam sudah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, kini saatnya anda mempersiapkan bumbu ungkepan. Buatlah bumbu yang super halus supaya bumbu ini bisa meresap dengan baik ke dalam daging ayam.

Nah, bumbu yang digunakan pun beragam. Mulai dari bawang putih, bawang merah, kemiri, lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar, daun salam, dan sereh. Semua rempah ini dihaluskan bersama, kecuali daun salam dan sereh, yang langsung dimasukkan bersama ayam saat mengungkep.

3. Gunakan Api Kecil

Teknik memasak seperti ini biasa dikenal dengan sebutan slow cooking. Kenapa harus dengan teknik ini? Sebab, walaupun matangnya bisa memakan waktu lebih lama, tapi dipastikan ayam bisa matang merata dan bumbunya meresap dengan sempurna.

4. Gunakan Air Secukupnya

Penggunaan air tergantung seberapa banyak dan jenis ayam yang akan diungkep. Gunakan air secukupnya, hanya sampai semua ayam terendam dengan baik. Tidak perlu menggunakan air sampai sepanci penuh. Sebab, saat direbus nanti daging ayam pun akan mengeluarkan cairan.

5. Rebus Air dan Bumbu Terlebih Dahulu

Supaya bumbu bisa meresap dengan sempurna, ada baiknya bumbu dibuat matang terlebih dahulu. Aroma dan cita rasa bumbu pun pasti sangat menggugah selera saat direbus bersama ayam nanti. Saat merebus air dan bumbu ini, anda bisa menggunakan api besar. Hanya saja, kecilkan lagi apinya ketika anda mulai memasukkan ayam ke dalam rebusan air.

6. Lama Memasak

Idealnya, mengungkep ayam membutuhkan waktu 30-45 menit. Jika sudah matang, anda bisa melihatnya dari kulit ayam yang mengerut atau bisa juga dilihat dari kuah yang mulai mengental atau bahkan mengering. Tetapi, ada beberapa potongan ayam yang bisa matang lebih cepat, seperti bagian paha. Anda bisa mengangkat bagian paha terlebih dahulu jika dagingnya sudah cukup matang. Jangan biarkan daging kehilangan teksturnya atau hancur.

7. Gunakan Tutup Panci

Supaya sari-sari bumbu yang menguap tidak hilang begitu saja, gunakan tutup panci, ya. Tujuannya supaya uap tersebut bisa ‘kembali’ lagi ke dalam panci dan meresap ke dalam daging ayam. Dengan begitu, aroma dan cita rasa bumbu tidak akan hilang karena berbaur dengan udara.