Bagaimana cara mengukur kesuksesan sebuah MVP untuk apilkasi mobile?

image

Bagaimana cara melihat MVP kita berhasil dan sukses untuk pembangunan aplikasi mobile kita?

MVP ialah suatu minimum value product, hal ini berarti MVP merupakan produk web atau aplikasi dengan spesifikasi seminimal dan pembuatan secepat mungkin, namun mampu melayani kebutuhan inti pengguna semaksimal mungkin, Selain itu, MVP dibuat untuk meningkatkan efisiensi biaya pengembangan aplikasi. Hal itu dikarenakan fitur di dalam produk MVP sangat minimum sehingga untuk pengembangan dan maintenance-nya tidak membutuhkan banyak tenaga desainer aplikasi. Adapun, tujuan akhir dari pembuatan MVP ialah menghasilkan aplikasi yang dicintai oleh pengguna dan mendatangkan nilai bisnis bagi perusahaan.

Cara melihat apakah MVP yang kita buat untuk aplikasi mobile kita sudah berhasil atau sukses ialah dengan melihat kondisi di pasar setelah menerima produk MVP kita, karena kepuasan pengguna yang bisa menjadikan kita acuan seberhasil apa MVP kita. berikut hal - hal yang bisa kita lakukan untuk melihat tingkat kesuksesa MVP kita

  1. Lihat feedback dari pengguna
    Dengan mengetahui feedback dari pengguna, kita bisa mengetahui seberapa berfungsi dan membantu nya aplikasi kita, kita juga bisa menanyakan kesan pertama mereka dalam menggunakan MVP yang sudah kita buat

  2. Melihat review dan rating langsung
    Jika aplikasi kita sudah di publish di store, maka kita bisa melihat review dan rating yang dibuat oleh pengguna kita sehingga kita bisa mendapatkan data kualitatif sekaligus kuantitatif yang sanagat berguna untuk pengukuran kita terhadap MVP yang sudah dibuat

  3. Memanfaatkan landing page
    Adapun, cara lainnya untuk menguji MVP ialah melihat seberapa banyak pengguna yang masuk ke dalam landing page produk kita. Secara sederhana, landing page merupakan page awal ketika pengguna menggunakan produk buatan kita.

    Banyaknya pengguna yang berkunjung di landing page produk akan menjadi data berharga ketika ingin mengembangkan produk. Untuk mengetahui seberapa banyak pengguna yang mengakses landing page produk, kita bisa melihatnya di Google Analytics, Kissmetric, ataupun CrazyEgg.

  4. Memantau user aktif
    Dengan terus memperhatikan seberapa banyak user yang aktif menggunakan aplikasi MVP kita, maka akan menunjukkan seberapa banyak orang/ user yang tertarik dalam menggunakan produk kita, tentu dari hal ini kita bisa megukur seberapa sukses MVP kita.

  5. Presentasi user yang membeli fitur premium
    Jika kita sudah memberikan/mengiklankan fitur premium kita pada MVP, hal ini merupakan hal menarik, karena kita juga bisa melihat ketertarikan dan kebutuhan user melalui fitur premium, semakin banyak pengguna yang mau meb=mbeli fitur premium semakin sukses aplikasi kita

  6. Melihat seberapa banyak pengguna yang pasif
    Pengguna pasif disini ialah berarti pengguna yang tiba - tiba tidak aktif menggunakan aplikasi kita, mereka meninggalkan aplikasi kita, semakin banyak yang meninggalkan aplikasi kita sudah bisa dipastikan bahwa MVP kita tidak menarik atau tidak dibutuhkan mereka

sumber: