Bagaimana cara mengukur kebutuhan air untuk tanaman?

Dalam berbudidaya tanaman, sudah tentu kita melakukan penyiraman secara rutin. Akan tetapi bagaimanakah penentuan dosis penyiraman yang baik untuk tanaman, agar tanah tidak terlalu jenuh air?

Baik kak saya akan coba menjawab,kalau dari saya pribadi untuk mengukurnya adalah dengan mengecek tanaman apa yang kita tanam,karena kebutuhan tanaman terhadap air berbeda-beda karena faktor genetik tanaman itu sendiri untuk mengeceknya bisa melalui literatur seperti jurnal dan buku mengenai tanaman tersebut,karena jika kita tidak mengetahui tipe tanaman maka kita tidak bisa menentukan kebutuhan air,contohnya kebutuhan air pada tanaman sayur sayuran pasti berbeda dengan tanaman lidah buaya,karena faktor perbedaan tersebut jika perlakuan penyiraman air kita sama,maka tanaman akan memunculkan respon respon yang biasanya negatif seperti timbul penyakit,tanaman tumbuh namun tidak berbuah bahkan bisa menyebabkan tanaman mati,mungkin itu saja kak bisa dicek ulang maaf kalau ada kesalahan

2 Likes

Izin menjawab kak, saya setuju dengan pendapat kak M.Faathir dimana kebutuhan air pada setiap jenis tanaman dapat berbeda-beda. Selain itu, kebutuhan air tanaman juga dipengaruhi oleh tahapan pertumbuhan (umumnya tanaman pada fase vegetatif membutuhkan air yg lebih banyak daripada fase generatif), juga dipengaruhi oleh iklim (jumlah kebutuhan air tanaman pada musim hujan dengan musim kemarau tentu berbeda). Untuk mengukurnya setau saya ada rumusnya tapi saya lupa rumusnya gimana. Mungkin yg tahu bisa menambahkan, dan mohon koreksinya juga :pray:

1 Like

izin menjawab kak… Kebutuhan air tanaman adalah kebutuhan air yang digunakan selama musim tanam, dimulai dari proses penyiapan lahan hingga pasca panen. Faktor-faktor yang menentukan besarnya kebutuhan air irigasi untuk tanaman adalah sebagai berikut :

  1. Jenis tanaman
    Dapat dijelaskan bahwa jenis tanaman sangat menentukan jumlah kebutuhan airnya, misalnya tanaman padi, membutuhkan lebih banyak air dibandingkan tanaman lainnya seperti palawija.

  2. Jenis Tanah
    Jenis Tanah sangat mempengaruhi pemakaian air bagi tumbuhan , misal tanah berpasir passti berbeda dengan jenis tanah lempung atau lumpur.

  3. Kehilangan Air
    Maksud dari kehilangan air disini adalah saluran kadang kadang bisa menjadi besar dari perkiraan dari perhitungan karena adanya kebocoran bukan hanya penguapan.

  4. Pemakaian Air
    Adapun cara pemakaian sangat mempengaruhi kebutuhan air,sehingga dalam hal cara pemakaian air, harus dipilih agar cara yang dilakukan hemat.

Hal hal tersebut bisa dihitung dengan rumus evapotranspirasi dan rumus lainnya

Referensi : http://yudhiafriansyah.blogspot.com/2015/04/kebutuhan-air-tanaman.html?m=1

1 Like