Bagaimana cara mengubah pola pikir yang destruktif dalam tahap pengenalan pola (Pattern Recognition) pada Computational Thinking?

beripikir komputasional

Informasi yang masuk ke dalam pikiran membentuk ragam pola dalam pikiran. Ibarat sebuah pohon, ada batang, ranting besar dan ranting kecil. Ada pola yang dominan yang disajikan dalam bentuk kebiasaan-kebiasaan kita. Besar atau kuatnya pola tergantung dari berapa sering informasi masuk ke dalam pikiran dan berapa dalam kesan yang diberikannya. Semakin sering atau semakin berkesan sebuah informasi semakin kuat pola pikir yang dibentuk seperti yang sering disajikan lewat ‘pencucian otak’ (indoktrinasi).

Maka yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika terjadi pola pikir yang destruktif pada diri kita dan bagaimana cara merubahnya?

image
Sulit untuk fokus pada sesuatu yang baik saat hal-hal buruk sering terjadi dalam hidup kita. Namun kita dapat melatih pikiran kita untuk tetap berfokus pada hal-hal baik dalam hidup kita daripada tetap berpikir tentang hal yang buruk. Di bawah bukan tentang cara berpikir positif, tetapi mengubah cara pola pikir kita.

1) Mengenali permasalahan

Pertama Anda harus mengenali pola pikir merusak Anda. Pandangan setiap orang berbeda dan semuanya berawal dari pola pikir yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berpikir hidup itu indah, maka Anda akan melihat hal-hal indah dalam hidup Anda, jika Anda berpikir hidup ini buruk, Anda akan menemukan hal-hal tentang kehidupan yang juga buruk. Ubahlah cara berpikir Anda dan Anda akan mengubah dunia tempat Anda tinggal.

Sebagai contoh, Anda akan menemukan banyak yang berpikir hal ini bukan masalah sehingga tidak perlu mengubahnya. Jika ini Anda, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Jika Anda ingin berubah, Anda harus berpikir bahwa Anda butuh berubah dan Anda akan mulai untuk mengenali apa yang perlu diubah. Hal ini biasanya dimulai dengan persepsi Anda tentang kehidupan. Setiap orang mempersepsikan kehidupan secara berbeda, karena kenyataannya hidup setiap orang berbeda. Saya tidak hidup di dunia yang sama seperti Anda dan Anda tidak hidup di dunia yang sama seperti saya.

2)Sadar Saat dalam Pola Pikir Destruktif

Kita dapat menggunakan pola pikir yang berbeda tergantung pada apa yang kita lakukan. Mengetahui ketika Anda menggunakan pola pikir merusak dapat membantu Anda untuk mengubah pola itu. Setelah Anda mengetahui saat Anda menggunakan pola pikir destruktif, maka sekarang saatnya untuk mengubahnya.

Contoh, Anda bisa menggunakan pola pikir positif saat kuliah ketika Anda sangat percaya terhadap kemampuan Anda, dan dapat menggunakan pola pikir merusak ketika mencari cinta. Mengetahui ketika Anda menggunakan pola pikir merusak dapat membantu Anda untuk mengubah pola itu.

3)Menggantikan Hal Buruk dengan Hal Baik

Ini adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan segera. Jangan katakan “Aku tidak akan pernah bisa melakukan itu”, yang merupakan pola pikir lama Anda menjadi “Aku bisa”. Hal itu tidak akan bekerja Anda harus menghilangkan pola pikir lama secara perlahan sambil secara perlahan memperbaiki pola pikir.

Sebagai contoh:
Anda sedang barada di sebuah cafe dan Anda ingin berbicara dengan seseorang yang Anda tertarik. Pikiran Anda “Dia tidak akan mau berbicara denganku . Dia terlalu cantik.” Anda dapat segera mengenali pola pikir merusak ini dan segera mengatakan kepada diri sendiri sesuatu yang baik tentang diri Anda. Hal Ini tidak akan segera membantu situasi Anda, tetapi secara perlahan-lahan akan mulai mengubah pola pikir lama yang destruktif dengan yang baru.

Tahap ini berlangsung dari waktu ke waktu dan tidak dapat segera. Cara terbaik untuk mengubah pola pikir destruktif adalah perlahan-lahan menggantikannya dengan pola pikir yang lebih baik untuk Anda. Saya tahu orang menginginkan kehidupan yang instan. Tapi Anda tidak dapat mengubah hidup Anda dalam 1 hari, kecuali sesuatu yang drastis terjadi.

Jadi,
Dengan menyadari dan mengubah cara berpikir bisa terjadi proses yang panjang bergantung dengan pola pikir yang Anda gunakan dan seberapa buruk Anda ingin merubahnya. Orang-orang bisa berubah setiap saat, lakukanlah perubahan, dan jangan berpikiran Anda tidak akan pernah bisa merubahnya, Anda bisa jika Anda sangat menginginkannya.

Setelah beberapa bulan ke depan Anda akan melihat perubahan besar yang terjadi dalam hidup Anda dan Anda akan ingin menggunakan pola pikir baru Anda untuk hasil bagus. Anda akan mulai memperhatikan tipe-tipe orang yang masuk dalam hidup Anda yang akan membantu Anda untuk mencapai goals Anda dan Anda pun juga akan membantu goals mereka.

Sumber :

Pola pikir destruktif adalah kondisi ataupun konflik yang menghasilkan efek negatif kepada seseorang. Pola pikir ini sering muncul tanpa kita sadari karena berbagai sebab yang intinya orang tersebut sudah menyerah terhadap keadaan dan juga dapat mempegnaruhi kita dalam berpikiran komputasi yang sesungguhnya sangat berguna. Kita tidak boleh membiarkan pola pikir destruktif terjadi pada kita karena hal itu sering terdapat dari informasi-informasi serta kebiasaan kita. Jika kita berpola pikir destruktif kita tidak akan mencapai target yang telah dibuat dan merasa gagal ditengah jalan.

Ada beberapa tahap dalam mengubah pola pikir destruktif agar Computational Thinking kita tidak terpengaruhi:

  1. Mengenali permasalahan yang kita miliki agar tidak merasa bingung dan merusak pola pikir
  2. Menyadari bahwa kita telah berpikir destruktif sehingga masalah yang kita miliki tidak kunjung selesai.
  3. Perlahan mengubah pola pikir yang buruk tersebut dan mulai memperkenalkan pola pikir baru yang lebih baik.

Sumber:


Bagaimana Mengubah Pola Pikir Destruktif?

Tahap pertama adalah mengenali permasalahan – Anda akan menemukan banyak yang berpikir hal ini bukan masalah sehingga tidak perlu untuk mengubah. Jika ini Anda, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Jika Anda ingin berubah, Anda harus berpikir bahwa Anda butuh berubah dan Anda akan mulai untuk mengenali apa yang perlu diubah. Hal ini biasanya dimulai dengan persepsi Anda tentang kehidupan. Setiap orang mempersepsikan kehidupan secara berbeda, karena kenyataannya hidup setiap orang berbeda. Saya tidak hidup di dunia yang sama seperti Anda dan Anda tidak hidup di dunia yang sama seperti saya.

Pandangan setiap orang berbeda dan semuanya berawal dari pola pikir yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berpikir hidup itu indah, maka Anda akan melihat hal-hal indah dalam hidup Anda, jika Anda berpikir hidup ini buruk, Anda akan menemukan hal-hal tentang kehidupan yang juga buruk. Ubahlah cara berpikir Anda dan Anda akan mengubah dunia tempat Anda tinggal. Pertama Anda harus mengenali pola pikir merusak Anda.

Tahap kedua adalah menyadari ketika Anda menggunakan pola pikir destruktif – Kita dapat menggunakan pola pikir yang berbeda tergantung pada apa yang kita lakukan. Contoh, Anda bisa menggunakan pola pikir positif di tempat kerja ketika Anda sangat percaya terhadap kemampuan Anda, dan dapat menggunakan pola pikir merusak ketika mencari cinta. Mengetahui ketika Anda menggunakan pola pikir merusak dapat membantu Anda untuk mengubah pola itu. Setelah Anda mengetahui saat Anda menggunakan pola pikir destruktif, maka sekarang saatnya untuk mengubahnya.

Tahap ketiga adalah menggantikan buruk dengan sesuatu yang baik – Ini adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan segera. Jangan katakan “Aku tidak akan pernah bisa melakukan itu”, yang merupakan pola pikir lama Anda. menjadi “Aku bisa”. Hal itu tidak akan bekerja Anda harus menghilangkan pola pikir lama secara perlahan sambil secara perlahan memperbaiki pola pikir. Sebagai contoh:

Anda sedang barada di sebuah klub dan Anda ingin berbicara dengan seseorang yang Anda tertarik. Pikiran Anda “Dia tidak akan mau berbicara denganku . Dia terlalu cantik.” Anda dapat segera mengenali pola pikir merusak ini dan segera mengatakan kepada diri sendiri sesuatu yang baik tentang diri Anda. Hal Ini tidak akan segera membantu situasi Anda, tetapi secara perlahan-lahan akan mulai mengubah pola pikir lama yang destruktif dengan yang baru.

Tahap ini berlangsung dari waktu ke waktu dan tidak dapat segera Cara terbaik untuk mengubah pola pikir destruktif adalah perlahan-lahan menggantikannya dengan pola pikir yang lebih baik untuk Anda. Saya tahu orang menginginkan kehidupan yang instan. Tapi Anda tidak dapat mengubah hidup Anda dalam 1 hari, kecuali sesuatu yang drastis terjadi.

Untuk mengubah pola pikir Anda, Anda harus

  • Mengetahui
  • Menyadari
  • Perlahan-lahan berubah dan memperkenalkan pola pemikiran baru

Ubah hidup Anda dengan cara baru berpikir

Sumber: http://www.stevenaitchison.co.uk/