Bagaimana cara menguasai teknik gaya bebas dalam olahraga renang ?

gaya bebas olahraga renang

Terkadang kita kurang menguasai teknik tenik dalam olahraga renang, lalu bagaimana cara menguasai teknik gaya bebas dalam olahraga renang ?

Berikut merupakan beberapa teknik latihan dalam menguasai gaya bebas ini :

  1. Melatih Gerakan Kaki
    Pertama, posisikan kedua kaki dan paha anda lurus atau sejajar dengan dengkul. Lalu kedua kaki gerakkan seperti orang yang sedang berjalan. Yaitu dengan mencambuk air secara pelan sehingga terdapat dorongan hingga tubuh anda melaju ke depan.

    Selama anda menggunakan gerakan ini, usahakan jangan sampai dengkul anda menekuk sedikitpun. Hanya pangkal paha andalah yang menggerakkan gerakan berjalan tersebut.

  2. Melatih Gerakan tangan
    Posisi pada kedua tangan harus lurus berada di sebelah kepala anda. Pada kedua telapak anda saat berada di depan usahakan saling berdekatan. Tariklah salah satu tangan ke bawah dengan merapatkan jari-jari anda seperti sedang mengayuh dan lakukan secara bergantian.

  3. Teknik Mengambil Napas
    Seperti yang sebelumnya kami katakan bahwa teknik mengambil napas dilakukan dengan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri. Akan tetapi harus seirama dengan gerakan tangan anda.

Seperti contohnya jika tangan kanan anda bergerak menuju kedepan, maka wajah berpaling ke arah kiri, dan juga sebaliknya. Pengambilan napas tidak dibatasi, anda dapat melakukannya dalam setiap gerakan. Namun bagi pemain pro, mereka bernapas pada setiap 8 gerakan.

Sumber : https://alidzakyalarief.com/pengertian-renang/