Bagaimana cara mengontrol pikiran bawah sadar kita ?

mengontrol pikiran bawah sadar

Meskipun pikiran yang sadar adalah luar biasa, pikiran bawah sadar bahkan lebih menakjubkan! Saat pikiran sadar anda memproses satu pilihan atau tindakan, pikiran bawah sadar anda secara bersamaan melakukan proses pilihan dan tindakan yang tidak disadari.

Pikiran bawah sadar anda seperti bank memori besar. Kapasitasnya hampir tak terbatas. Dan menyimpan segala sesuatu yang pernah terjadi dengan Anda secara permanen. Bagaimana cara mengontrol pikiran bawah sadar kita ?

Pikiran sadar Anda bertanggung jawab atas pengambilan keputusan, dan Anda selalu berhubungan dengan pikiran sadar anda. Pikiran bawah sadar, di sisi lain, bertanggung jawab atas bagaimana Anda benar-benar bereaksi terhadap segala sesuatu dalam hidup Anda - dan ini memiliki pengaruh yang kuat tidak hanya pada kebahagiaan Anda, tetapi juga seberapa sukses Anda mewujudkan kehidupan yang Anda inginkan.

Berikut adalah cara untuk mengontrol pikiran bawah sadar kita

  1. Jadilah Sahabat Terbaik Anda Sendiri. Mengatakan hal-hal keras yang merupakan afirmasi positif untuk diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mengendalikan alam bawah sadar Anda. Kebiasaan yang konsisten dari ‘self-talk’ positif akhirnya akan berhasil masuk ke alam bawah sadar Anda dan pikiran-pikiran itu akan mulai mengambil alih. Hal-hal sederhana seperti ‘Anda bisa melakukannya’ atau ‘pekerjaan bagus’ secara alami akan mengangkat perasaan Anda tentang diri Anda. Dengan cara yang sama seperti self-talk negatif bisa membuat Anda kecewa, kata-kata positif akan memiliki efek yang menggembirakan.

  2. Tinjau sebelum tidur. Jika Anda mencoba mengendalikan alam bawah sadar Anda untuk tujuan mempelajari materi baru, tinjauan singkat sebelum tidur mungkin hal yang Anda butuhkan. Dengan membaca bagian-bagian penting dari materi sebelum Anda menutup mata Anda, informasi itu akan berada di garis depan pikiran Anda dan siap untuk menempati alam bawah sadar Anda saat Anda tertidur. Ini juga cara yang bagus untuk bermimpi tentang apa pun yang ingin Anda fokuskan.

  3. Menuliskannya. Untuk latihan ini, Anda memerlukan pena atau pensil, beberapa lembar kertas, dan timer. Atur timer selama 5 atau 10 menit, dan mulailah menulis. Apa yang kamu tulis? Benar-benar sesuatu yang masuk ke dalam kepalamu Secara harfiah apapun dan segala sesuatu yang terlintas dalam pikiran. Pada awalnya, kemungkinan hal-hal yang sangat logistik seperti belanjaan yang Anda butuhkan atau barang-barang di sekitar rumah. Seiring berjalannya waktu, otak Anda akan bekerja ke alam bawah sadar dan Anda mungkin akan terkejut dengan hal-hal yang akan muncul. Setelah itu, baca semua yang Anda tulis dan Anda akan mendapatkan pandangan baru di dalam pikiran Anda sendiri.

  4. Pengulangan. Melakukan hal yang sama berulang-ulang adalah cara yang bagus untuk memprogramnya ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Pernahkah Anda menyanyikan lirik lagu tanpa benar-benar memikirkannya? Itu adalah hasil dari alam bawah sadar Anda yang mendengar lagunya berulang-ulang bahkan jika Anda tidak benar-benar memperhatikannya dengan kuat. Jika ada sesuatu yang ingin langsung Anda masukkan ke dalam pikiran bawah sadar Anda, ulangi beberapa kali berturut-turut setiap hari. Tidak akan lama sebelum informasi itu sering berjalan keluar dari alam bawah sadar Anda dan masuk ke dalam pikiran aktif Anda.

  5. Bermeditasi. Dari semua cara untuk mengendalikan pikiran bawah sadar Anda, meditasi kemungkinan adalah yang paling kuat. Saat bermeditasi, Anda mematikan pemikiran sadar Anda dan jatuh ke keadaan yang lebih santai. Dari keadaan itu Anda bisa mengakses pikiran dan perasaan yang sebaliknya ditekan oleh aktivitas otak kehidupan sehari-hari. Luangkan waktu setiap hari dalam meditasi yang tenang dan Anda akan takjub melihat akses yang Anda alami tiba-tiba ke pikiran bawah sadar Anda.

sumber :
http://www.thelawofattraction.com/subconscious-mind-control-training-six-tips-tricks/

Pikiran bawah sadar adalah hal yang aneh dan hampir tidak realistis untuk dipikirkan. Sulit dipisahkan di dalam pikiran kita sendiri apa yang dipikirkan sadar dan pikiran bawah sadar. Kita tahu bahwa pikiran bawah sadar adalah hal yang hebat, mempengaruhi banyak keputusan yang kita buat setiap hari. Tapi bisakah kita mengontrol itu? Tentu bisa, melalui latihan dan disiplin. Berikut adalah cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mengontrol pikiran bawah sadar.

1. Jadilah Kreatif
Kegiatan artistik, seperti melukis atau menggambar, menggunakan alam bawah sadar untuk menciptakan karya yang mengungkapkan perasaan sejati. Mengambil kelas seni adalah cara yang bagus untuk mulai berpikir dengan cara ini. Bahkan jika anda tidak percaya bahwa anda memiliki banyak bakat secara artistik, cobalah. Intinya bukan berarti anda harus menjadi seniman hebat - hanya Anda yang belajar memasuki pikiran bawah sadar anda selama proses menciptakan ide. Mengikuti kelas fotografi juga bisa meningkatkan jiwa seni (artistik).

2. Motivasi Diri Anda Sendiri
Mengatakan hal-hal keras yang merupakan penguatan yg positif untuk diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mengendalikan alam bawah sadar Anda. Kebiasaan dari ‘self-talk’ menimbulkan dampak positif yang pada akhirnya akan berhasil masuk ke alam bawah sadar anda dan pikiran-pikiran itu akan mulai mengambil alih. Hal-hal sederhana seperti ‘You can do it’ atau ‘Good Job’ secara alami akan meningkatkan mood anda dan secara tidak langsung sudah membuat mindset kita jauh lebih baik. Self-talk negatif bisa membuat anda kecewa, maka dari itu kata-kata positif akan memiliki efek yang menggembirakan dan dapat mengubah mindset jelek anda.

3. Fokus pada Pernapasan dan Pikiran
Saat anda rileks, anda akan berpikir ke segala hal bahkan sampai menyimpang. Pikiran ini akan mengalir dari pikiran sadar ke dalam pikiran bawah sadar. Biarkan pikiran ini lewat. Apabila pikiran anda mulai menyimpang, kembalikan perhatian anda ke pernapasan anada. Ada kalanya pikiran anda kembali menyimpang. Maka ulangi proses ini sampai selesai.

4.Ingat Kembali Mimpimu, dan Catat
Sebelum tertidur, letakkan pena atau pensil dan sebuah jurnal di samping tempat tidur Anda. Saat Anda bangun di pagi hari, atau secara berkala sepanjang malam, catatlah impian Anda dalam jurnal Anda. Tuliskan setiap detail impian Anda yang bisa Anda ingat. Jika Anda telah merekam impian Anda untuk sementara waktu, catatlah setiap konsep, karakter, atau objek yang berulang.
Pikiran bawah sadar Anda terungkap dalam mimpi Anda. Oleh karena itu, merekam dan mempelajari mimpimu memberi Anda akses ke akal bawah sadar Anda.

5. Menulis!
Untuk latihan ini, Anda memerlukan pena atau pensil, beberapa lembar kertas, dan timer. Atur timer selama 5 atau 10 menit, dan mulailah menulis. Apa yang kamu tulis? Sesuatu yang dapat diterima oleh kepalamu. Dengan menulis, kemampuan mengingat jauh lebih meningkat ketimbang hanya dibaca. Hal ini berpengaruh dengan sebanyak apa indera yang dipakai saat melakukan sesuatu.

6. Pengulangan
Melakukan hal yang sama berulang-ulang adalah cara yang bagus untuk memasukinya ke dalam pikiran bawah sadar anda. Pernahkah anda menyanyikan lirik lagu tanpa benar-benar memikirkannya? Itu adalah hasil dari alam bawah sadar anda yang mendengar lagunya berulang-ulang bahkan jika anda tidak benar-benar memperhatikannya dengan serius. Jika ada sesuatu yang ingin langsung anda masukkan ke dalam pikiran bawah sadar anda, ulangi beberapa kali berturut-turut setiap hari. Tidak akan lama sebelum informasi itu sering berjalan keluar dari alam bawah sadar anda dan masuk ke dalam pikiran aktif anda.

7. Meditasi
Dari semua cara untuk mengendalikan pikiran bawah sadar, meditasi kemungkinan adalah yang paling kuat. Saat bermeditasi, pemikiran sadar anda akan dinonaktifkan dan jatuh ke keadaan yang lebih santai. Dari keadaan itu anda bisa mengakses pikiran dan perasaan yang biasa dilakukan oleh aktivitas otak dalam kehidupan sehari-hari. Luangkan waktu setiap hari untuk meditasi secara tenang dan anda akan takjub melihat akses yang anda alami tiba-tiba ke dalam pikiran bawah sadar anda.

Sumber :


Mengontrol pikiran bawah sadar bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan kekuatan atau paksaan. Kita dapat mengontrol pikiran bawah sadar dengan latihan terus menerus. Berikut adalah cara untuk mengontrol pikiran bawah sadar kita :

  1. Buatlah Pengingat
    Cara termudah untuk mengontrol pikiran bawah sadar yaitu dengan cara membuat pengingat. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Yang paling sederhana adalah menulis catatan sendiri. Pengingat menggunakan akal sadar anda sebagai jembatan untuk sampai ke pikiran bawah sadar anda.
    Pertama, dengan menciptakan pengingat (yaitu menggambar catatan), anda menanamkan pemikiran ini ke dalam pikiran sadar anda terlebih dahulu, lalu alam bawah sadar anda.
    Kedua, ketika anda menempatkan pengingat di lokasi yang strategis, dimana anda akan sering melihatnya, anda memberi pemikiran itu kesempatan untuk melakukan rute langsung ke alam bawah sadar anda.

  2. Meditasi
    Meditasi akan membantu anda memusatkan perhatian dan memanfaatkan akal bawah sadar anda. Sebelum bermeditasi, tentukan panjang sesi anda. Jika anda seorang pemula, cobalah untuk bermeditasi selama 5 menit. Pakailah pakaian yang nyaman. Ambil timer dan lanjutkan ke lingkungan yang tenang dan damai. Pilih lokasi tanpa kekacauan atau gangguan. Duduklah di luar atau di teras belakang anda. Pemanas terlebih dahulu sebelum mengambil posisi duduk yang nyaman. Sentuh jari-jari kaki anda, lepaskan ketegangan dari leher anda, dan rilekskan bahu anda.

  3. Jadilah Realistis
    Sangat mudah untuk mengatakan pada alam bawah sadar anda bahwa tujuan anda adalah untuk mengakhiri kelaparan dunia. Namun, ketika anda melakukan itu, dan kemudian menyadari bahwa tujuan seperti itu berada di luar jangkauan kemampuan, anda akan menilai anda telah gagal. Akibatnya anda menjadi berkecil hati dan berisiko kehilangan kepercayaan pada diri sendiri.
    Cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan anda adalah menetapkan tujuan yang menantang anda, namun realistis. Jika mengakhiri kelaparan dunia adalah tujuan akhir anda, berpikirlah bagaimana cara anda mengakhiri kelaparan di sekitar anda. Setelah mencapai tujuan itu, anda dapat memperluas cakupan menjadi lebih besar.

  4. Menjaga Fokus
    Sangat mudah untuk mengalihkan perhatian dari tujuan yang paling penting.
    Biasanya, ketika anda kehilangan fokus pada apa yang penting itu karena pikiran sadar anda sibuk dengan sesuatu. Meskipun pikiran bawah sadar anda ingin terus mengerjakan rencana semula, perhatian anda dialihkan dari tujuan oleh sesuatu yang biasanya tidak terlalu penting.
    Bila fokus anda bergeser, kemampuan pikiran bawah sadar anda untuk bertahan dan memecahkan masalah yang telah anda akan semakin rendah. Untuk mengatasi hal ini, anda harus berusaha secara sadar untuk mempertahankan fokus anda pada isu-isu yang anda inginkan agar tidak disadari oleh alam bawah sadar anda.
    Begitu Anda mengerti bagaimana menyaring pikiran Anda sehingga hanya yang benar-benar penting sampai ke alam bawah sadar, anda sedang berusaha mewujudkan potensinya.

  5. Catat Mimpimu
    Sebelum tertidur, letakkan pena atau pensil dan sebuah buku di samping tempat tidur anda. Saat anda bangun di pagi hari, atau tidak sengaja bangun di malam hari, catatlah impian anda dalam buku anda. Tuliskan setiap detail mimpi anda yang bisa diingat. Jika Anda telah merekam impian Anda untuk sementara waktu, catatlah setiap konsep, karakter, atau objek yang berulang.
    Pikiran bawah sadar anda terungkap dalam mimpi anda. Oleh karena itu, merekam dan mempelajari impian anda memberi akses ke pikiran bawah sadar Anda.

  6. Mulai Menulis
    Duduklah dalam posisi yang nyaman dan tarik napas dalam-dalam untuk memusatkan diri. Mulai timer dan mulai menulis. Biarkan pikiran anda mengalir secara alami dari satu ke lainnya. Saat pikiran masuk ke kepala anda, catatlah di atas kertas. Jangan menghindari menuliskan pemikiran dunia atau mengabaikan pikiran aneh, ini mungkin timbul dari pikiran bawah sadar anda. Jangan menilai pikiran atau berhenti menganalisisnya. Tulis saja. Lanjutkan menulis pikiran anda sampai timer berbunyi.

Sumber :

http://clearyourstress.com/deal-with-stress/10-steps-toward-taking-control-subconscious-mind/