Bagaimana cara mengolah nasi kering agar bisa dimakan kembali?

download

Pernahkah kalian memasak nasi terlalu banyak sehingga menimbulkan residu? Baiknya nasi dijemur menjadi nasi aking agar bisa diolah kembali

Cara membuat cengkaruk :

  1. Tidak ada takaran resep dalam membuat cengkaruk, karena sesuaikan dengan sisa nasi yang ada. Nasi yang digunakan adalah sisa nasi yang masih bagus alias belum basi kemudian ratakan dalam wadah yang lebar.
  2. Sinar matahari memiliki peran penting agar nasi tidak berjamur saat dijemur dan agar cepat kering dan jangan lupa untuk sesekali dibolak-balik sambil memisahkan yang menempel, karena kalau sampai berjamur menjadi tidak layak untuk dikonsumsi.
  3. Setelah nasi sudah benar-benar kering, berikutnya masuk ke tahap penggorengan. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan penggorengan, masukkan nasi kering hingga terendam minyak lalu goreng sambil terus diaduk-aduk agar mengembang serta garing merata.
  4. Angkat dan tiriskan, setelah tiris cukup taburi dengan garam atau penyedap rasa, bisa juga pakai bumbu pedas maupun bumbu tabur aneka rasa lainnya. Aduk rata bumbu dengan sendok kemudian digoyang-goyang agar bumbu merata, cengkaruk sudah bisa disajikan atau simpan dalam wadah tertutup atau kedap udara agar tetap renyah.