Bagaimana cara mengobati TBC Genital?


Apa saja pengobatan yang dapat dilakukan pada TBC Genital? Diskusikan dibawah?

Cara mengobati gejala TBC pada alat kelamin sebenarnya sama saja dengan pengobatan TB paru atau jenis TB lainnya, yaitu dengan konsumsi antibiotik selama 6-8 bulan. Penderita TBC harus konsisten menyelesaikan pengobatan ini hingga tuntas untuk memaksimalkan proses penyembuhan.

Pada wanita, TBC genital biasanya memengaruhi saluran tuba yang dapat menyebabkan penyumbatan saluran tuba. Bila gejala TBC dapat didiagnosis dan diobati lebih awal, maka kerusakan pada rahim atau tuba falopi lebih mungkin untuk disembuhkan. Namun, bila tidak ditangani dengan segera, bakteri TB yang telanjur menginfeksi tuba falopi, ovarium, maupun uterus dapat memicu pertumbuhan jaringan parut sehingga cenderung tidak bisa disembuhkan.

Ini sebabnya Anda mungkin disarankan untuk meminta alternatif pengobatan lain sebelum memulai pengobatan anti-TB. Sebab, konsumsi antibiotik TB saja tidak mampu memperbaiki tuba falopi yang rusak.

Hindari pula kontak seksual dengan penderita TB genital untuk mengurangi risiko TB genital. Segera periksakan kesehatan organ genital saat Anda mencurigai gejala TBC genital untuk membantu diagnosis dini perkembangan infeksi TB.