Bagaimana cara mengobati sisik Ikan Arwana yang lepas ?

Ikan Arwana

Sisik arwana sangat menentukan kualitas dari ikan arwana. Semua ikan arwana bisa kehilangan salah satu sisiknya tanpa sebab yang pasti. Bahkan ikan yang membentur dinding akuarium pun bisa kehilangan beberapa sisiknya. Sisik yang telah lepas tersebut akan tumbuh kembali secara alami walaupun membutuhkan waktu beberapa bulan tergantung dari umur ikan tersebut.

Terlepasnya sisik ikan arwana juga dapat disebabkan oleh penyakit yaitu borok. Ciri-cirinya adalah munculnya bintik-bintik merah di perut ikan, sisik terlepas mulai dari pangkal ekor, dan sebagian besar kulitnya berwarna kemerah-merahan.

Bagaimana cara mengobati sisik Ikan Arwana lepas ?

Ikan arwana yang terkena penyakit ini biasanya juga menunjukkan kehilangan nafsu makan dan stres berkepanjangan. Pengobatan penyakit yang masih dalam stadium pertama bisa dilakukan menggunakan Tetracicline, Furazan Gold, atau Gold 100 yang berbentuk bubuk. Dosis pemberiannya dimulai dari 0,5 gram/10 liter air dan dikurangi seiring dengan proses penyembuhan. Bila perlu, tambahkan pula garam ikan sebanyak 10-25 sendok makan tergantung ukuran akuarium. Terapi ini dilakukan minimal selama 5 hari berturut-turut dengan mengganti air setiap 24 jam.

Selama proses pengobatan berlangsung, Anda perlu memberikan pakan yang bergizi kepada ikan tersebut. Di antaranya seperti jangkrik, belalang, dan katak. Hindari memberikan pakan berupa daging ikan untuk sementara waktu. Dikhawatirkan pakan berupa ikan tersebut mengandung bakteri Lernea cyprinacea atau Argullus indicus yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan ikan arwana kesayangan Anda.

Sumber