Bagaimana cara mengobati sakit mata pada sugar glider?

Mengobati sakit mata atau katarak pada sugar glider cukup dibilang sulit. Di samping itu jenis penyakit ini juga tergolong berbahaya, sebab apabila tidak segera diatasi bisa menyebabkan sugar glider buta. Jadi, jika ada teman teman di sini yang memiliki hewan peliharaan sugar glider sedang sakit mata, harus cepat cepat dicarikan solusinya.

Yang pertama adalah bagaimana cara mengatasi sugar glider yang terkena sakit mata secara umum. Mengobati sakit mata pada sugar glider bisa anda lakukan sendiri di rumah. Namun apabila sulit dan masih ragu silakan bawa sugar glider anda ke dokter hewan. Berikut langkah langkahnya:

  1. Membersihkan Kotoran Mata Sugar Glider
    Cara pertama, bila sakit mata sugar glider berupa belek maka bersihkan menggunaka tisu kering yang bersih. Lalu basahi dengan air hangat, boleh dicampur cairan dettol. Bila sudah siap, gunakan tisu tersebut hanya untuk membersihkan area mata sugar glider bukan di dalam mata ya. Serta hanya untuk mengangkat kotoran beleknya saja.

  2. Memperhatikan Asupan Makanan pada Sugar Glider
    Sama halnya saat mengobati kaki sugar glider ketika bengkak. Yaitu kalian harus memperhatikan asupan pakannya. Sugar glider yang sedang sakit mata dilarang memakan jangkrik, ulat hongkong dan serangga lainnya. Sebab di dalamnya mengandung banyak protein. Sedangkan protein sangat tidak diperbolehkan dimakan oleh sugar glider yang terserang sakit mata. silakan diberi buah buahan saja seperti pepaya, kelengkeng, atau yang tidak mengandung protein. Di samping itu sobat juga bisa memberinya obat tambahan seperti madu asli untuk menguatkan sistem imun tubuh sugar gelider kesayangan anda. Lakukan 3 cara di atas selama beberapa minggu, bila belum ada perkembangan apapun silakan dirujuk ke dokter hewan terdekat.

  3. Memisahkan Sugar Glider yang Sakit Mata
    Cara ketiga adalah memisahkan sugar glider antara yang sakit mata dengan yang sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan belek atau sakit mata jenis lainnya kepada sugar glider yang sehat. Makanya kami sarankan agar memisahkan mereka sementara waktu. Namun mengingat sugar glider sangat mudah stres apabila kesepian dan tidak punya teman di dalam kandangnya. Maka sebaiknya jika sudah sembuh, langsung dicampurkan lagi dengan temannya.

  4. Mengobati Sakit Mata Sugar Glider sampai Bengkak
    Ada juga kasus sugar glider yang sakit mata sampai bengkak. Tapi ini bukan katarak. Biasanya jenis ini disebabkan karena kena cakar pasangannya. Cara perawatan dan pengobatannya, diberi obat tetes mata Cendo Fenicol. Tapi yang stikernya berwarna hijau kebiruan. Bukan yang kuning. Diberikan maksimal 2 pekan. Dalam sehari dikasih 2 tetes, pagi dan malam. Lalu diberi madu. Madu sangat bagus buat kondisi sugar glider yang sakit maupun sehat.

http://www.dunia-hewan.info/cara-mengobati-sakit-mata-dan-katarak-pada-sugar-glider-ampuh/