Bagaimana cara mengobati Retinoblastoma?

Pengobatan terhadap retinoblastoma berbeda-beda, tergantung pada ukuran, lokasi tumor, serta tingkat keparahannya. Bagaimana cara mengobati Retinoblastoma?

Ada beberapa pilihan pengobatan yang dilakukan, antara lain:

Radioterapi
Terapi ini terdiri dari 2 jenis, yaitu radiasi internal dan eskternal. Radioterapi dilakukan dengan bantuan X-ray untuk membunuh sel kanker, namun berisiko merusak jaringan yang sehat di sekitar mata.

Terapi Laser
Terapi ini menggunakan sinar laser yang berfungsi menghancurkan pembuluh darah yang menyuplai makanan pada tumor. Dengan itu, perlahan-lahan sel kanker akan mati.

Kemoterapi
Obat-obatan kemoterapi berfungsi membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Obat yang diberikan bisa dalam bentuk oral atau suntikan.

Termoterapi
Pada terapi ini, energi panas akan dipakai dalam membunuh sel kanker. Panas akan diarahkan langsung ke sel kanker dengan bantuan sinar laser atau gelombang mikro maupun ultrasound.

Krioterapi
Terapi ini dilakukan dengan mendinginkan sel-sel kanker, kemudian membiarkannya kembali cair. Prosedur ini perlu dijalani berulang kali untuk memaksimalkan efeknya. Harap diingat bahwa jenis penanganan ini belum dapat dilakukan di Indonesia.

Operasi
Prosedur ini akan dilakukan jika metode pengobatan lainnya terbukti tidak efektif. Pada tahap ini, mata yang terkena kanker akan diangkat. Sebagai gantinya, pasien akan diberi mata palsu.