Bagaimana cara mengobati Polip Pulpa?

Beberapa penyebab lain yang diduga berkontribusi terhadap munculnya polip adalah hipersensitivitas tipe 1 pada seseorang. Bagaimana cara mengobati Polip Pulpa?
image

Polip pulpa, atau pulpitis hiperplasia kronis, adalah suatu kelainan di mana terjadi pembesaran pada pulpa gigi (bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel pembentuk gigi) karena bertambahnya jumlah sel pada jaringan tersebut sebagai reaksi dari peradangan menahun, dan biasanya terjadi pada gigi yang sarafnya sudah mati. Pada polip gigi, pertumbuhan jaringan bersifat menetap dan tidak dapat mengecil kembali meskipun peradangan sudah diatasi. Penampakan polip pulpa seringkali menyerupai penyakit kanker pada gusi dan jaringan penyangga gigi (periodontium).

Polip pulpa umumnya dapat diatasi melalui pembedahan dan obat-obatan. Rincian penanganan yang dapat dilakukan pada pasien polip pulpa adalah sebagai berikut:

Pembedahan. Ini merupaan pengobatan utama dalam menghilangkan polip pulpa. Jenis pembedahan yang dapat dilakukan berbeda-beda sesuai dengan kondisi polip maupun gigi pasien. Pembedahan yang biasa dilakukan adalah:

  • Pengangkatan gigi yang mengalami polip secara menyeluruh, dilakukan dengan mencopot gigi yang terkena polip beserta akar-akarnya. Pembedahan dilakukan dengan meninggalkan bagian gigi yang terkena polip seminimal mungkin di dalam rongga mulut. Dengan prinsip tersebut, pada saat mengobati gigi yang terkena polip melalui pencabutan, akar gigi juga harus dihilangkan semaksimal mungkin.
  • Pulpotomi, yaitu metode pembedahan yang dilakukan dengan cara memotong polip tanpa mengangkat gigi yang mengalami polip. Perlu diingat, meskipun pulpotomi memberikan hasil yang baik, pada polip yang sudah berkembang sejak lama, kerusakan bagian gigi akibat polip tidak dapat diperbaiki kembali. Pada kasus seperti itu, pencabutan bagian gigi beserta akarnya juga harus dilakukan.

Perawatan. Perawatan lanjutan biasanya dilakukan setelah tindakan pulpotomi yang tidak disertai dengan pengangkatan gigi.

  • Pemasangan penghalang enamel gigi dan penambahan resin pada akar gigi, guna mencegah perkembangan polip pulpa, terutama pada gigi yang sedang mengalami pertumbuhan.
  • Pengobatan restoratif, yaitu pengobatan dengan cara menambal dan memperbaiki enamel gigi serta perawatan akar gigi.

Sumber : www.alodokter.com