Bagaimana cara mengobati penyakit Uci – Uci atau benjolan pada burung Dara / Merpati?

uci - uci adalah penyakit yang menyebabkan benjolan di anggota tubuh. Uci - uci tidak terjadi hanya pada merpati tetapi pada hewan lainnya dan pada manusia juga bisa. Pada dasarnya uci - uci adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Karena kelenjar ini ada dimana - mana jadi uci - uci bisa terjadi dibagian tubuh mana saja, tetapi bagian yang paling besar terdapat pada bagian di lipatan tubuh seperti siku, leher, dll.

Berikut Ini Adalah Cara Mengobati Merpati Yang Terkena Penyakit Uci Uci

  • Diberikan Obat
    Bisa kalian obati dengan obat yang bisa melancarkan peredaran darah dan getah bening agar benjolanya tidak semakin membesar. Bisa kalian gunakan obat Amoxicure atau Theraprim yang bisa dibeli di toko.

  • Bisa Melakukan Operasi Kecil
    Jika memang sulit mendapatkan obatnya atau kurang mempan bisa juga kalian lakukan operasi kecil pada merpati yang terkena uci uci ini, itu juga jiga kalian tega. Biasanya jarang orang yang tega melakukan hal tersebut apalagi hewan kesayangan. Tapi jiga memang untuk kesembuhannya mengapa tidak! Bisa dimulai dengan menyayat bagian benjolan dan mengangkatnya, tapi bagi kalian yang merasa ragu apalagi tidak mempunyai keahlian jangan coba – coba deh takut berakibat fatal.

  • Penyelesaian
    Jalan terakhir mengatasi penyakit uci uci ya dibiarkan saja, apalagi pada merpati yang masih piyik, diabiarkannya dalam arti obat tidak ada di operasi takut gagal. Karena ada teman aku yang merpatinya terkena uci uci (masih piyik) dibiarkan kurang lebih 1 bulan. Luka atau benjolannya menjadi kering serta lepas dengan sendirinya dan jangan lupa dikasih antiseftik agar tidak terkena infeksi lagi.