Bagaimana cara mengobati penyakit scale rot atau infeksi kulit pada ular?

Ular

Bagaimana cara mengobati penyakit scale rot atau infeksi kulit pada ular ?

Jika memperhatikan ada warna yang berbeda pada sisik phyton seperti: warna Pink, Merah atau Coklat, hal ini mungkin disebabkan oleh Scale rot atau pembusukan sisik. Penyakit ini bisa terjadi pada beberapa sisik, di tempat tertentu atau pun di banyak tempat.

Penyebab

Terkadang penyebab dari infeksi sisik ini bisa dari infeksi dari dari dalam tubuh yang muncul keluar tubuh sebagai scale rot atau sisik yang busuk. Tetapi bagaimanapun penyebabnya adalah kurang bersihnya tempat atau kandang dari phyton tersebut. Jika kandangnya tidak secara rutin dibersihkan dan dikasi disinfectan, phyton akan berbaring di atas air kencing dan kotorannya dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan scale rot.

Pengobatan

Dengan menggunakan antibiotic akan bisa mengatasi permasalahan tersebut. Tetapi anda tetap harus memindahkan phyton anda ke kandang yang lain pada saat anda membersihkan dan menyemprotkan disinfektan ke dalam kandang tersebut.Pada saat binatang dalam masa perawatan, jangan biarkan mereka berendam didalam air. Berikan/taruh air secukupnya di dalam mangkok yg bisa dipakai untuk minum.