Bagaimana cara mengobati penyakit Pneumonia Aspirasi?

Penderita penumonia aspirasi dapat mengalami gejala yang tidak spesifik seperti demam, pusing, mual, muntah, atau penurunan berat badan. Bagaimana cara mengobati penyakit Pneumonia Aspirasi?
image

Pneumonia aspirasi adalah komplikasi dari aspirasi paru. Aspirasi paru adalah masuknya makanan, asam lambung, air liur, atau benda asing lainnya ke paru-paru yang dapat memicu infeksi paru. Pada keadaan normal atau pada aspirasi dalam jumlah kecil, paru-paru memiliki mekanisme pertahanan untuk mengeluarkannya, misalnya dengan batuk.

Pengobatan tergantung dari seberapa berat penyakit. Penyakit yang berat membutuhkan perawatan di rumah sakit dan diberikan antibiotik. Jika pasien mengalami kesulitan menelan, dokter akan memberikan makanan melalui selang makan. Terapi suportif lainnya seperti pemberian oksigen, infus cairan, bronkodilator, kortikosteroid, alat bantu napas, dan fisioterapi dapat diberikan tergantung dari kondisi pasien. Pengangkatan dan penyedotan benda asing juga dapat dilakukan dengan alat suction (sedot) atau bronkoskopi.

Sumber : www.alodokter.com