Bagaimana cara mengobati penyakit Othematoma pada hewan anjing?

Othematoma biasanya disebabkan oleh gigitan serangga atau trauma, alergi, infeksi, kehadiran benda asing,atau parasit telinga merupakan semua penyebab nyeri yang dapat menimbulkan gatal. Maka akan terjadi perubahan bentuk telinga luar dan tampak masa berwarna ungu kemerahan. Darah yang tertimbun ini bisa menyebabkan terputusnya aliran darah ke kartilago sehingga dapat terjadi perubahan bentuk telinga. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anjing tetapi dapat terjadi juga pada kucing. Hematoma aural pada anjing terjadi ketika pembuluh darah kecil di telinga pecah, dan menyebabkan darah menumpuk dan mengisi ruang di pinna tersebut. Telinga yang mengalami hematoma yang disebabkan oleh beberapa jenis trauma, seperti ketika hewan peliharaan agresif menggaruk telinga terjadi goresan di telinga. Biasanya ada penyebab yang mendasari untuk menggaruk dan getaran pada kepala. Lalu bagaimana mengobatinya?

Tujuan dari mengobati hematoma aural adalah membersihkan kantong yang berisi darah. Pembedahan outhematoma dianggap sebagai pengobatan yang paling efektif untuk telinga outhematoma.

Adapun beberapa teknik untuk pengobatan yaitu :

  1. Aspirasi: Sebuah spuit dapat digunakan untuk mengeluarkan cairan dan darah dari dalam. Kortikosteroid dapat disuntikkan ke dalam telinga setelah darah dikeluarkan. Telinga mungkin tidak akan diperban. Prosedur ini sederhana dan murah. Namun, hematoma cenderung lebih sering kambuh ketika dikeringkan.

  2. Penempatan kanula: Kanula adalah sebuah perangkat kecil yang memungkinkan cairan mengalir dari jaringan. Hal ini dapat ditempatkan didalam cairan hematoma untuk memungkinkan darah mengalir dan jaringan dibawahnya untuk memudahkan penyembuhkan.Biasanya,kanula harus dibiarkan selama beberapa minggu agar efektif. Namun, beberapa anjing tidak akan mentolerir alat di telinga mereka.

  3. Operasi: Operasi adalah metode yang paling efektif untuk mengobati hematoma aural. Selama operasi, sebuah insisi dibuat di bawah sisi pinna untuk mengeringkan cairan dan menghilangkan bekuan darah dan fibrin. Beberapa jahitan kemudian dilakukan. Hal ini memungkinkan jaringan dapat sembuh dan mencegah darah kembali mengisi pinna tersebut.
    Metode lain bedah menggunakan kit hematoma yang tersedia, secara komersial yang terdiri dari silikon bantalan telinga, penguncian klip dan cincin untuk menentang jaringan dan memungkinkan untuk penyembuhan tanpa cacat. Telinga tidak dibalut dengan jahitan atau klip biasanya sembuh/membaik dalam 3 minggu. Anti - inflamasi dan/atau obat nyeri digunakan setelah teknik operasi dilakukan. Kegagalan untuk mengobati hematoma dapat menyebabkan pembengkakan pembesaran untuk mencakup seluruh earflap. Prognosis baik jika penyebab awal trauma pada telinga ditemukan dan anjing mentolerir prosedur perbaikan hematoma. Namun, karena kecenderungan penyakit tersebut dapat kambuh dan cenderung untuk beberapa anjing mengalami kondisi yang kronis, hematoma aural bisa menjai kasus yang sulit untuk ditangani.