Bagaimana cara mengobati penyakit bronkiolitis?

Bronkiolitis merupakan infeksi saluran respiratorik bawah yang disebabkan oleh virus. Bagaimana cara mengobati penyakit ini?

Pengobatan Bronkiolitis
Jika anak Anda sakit bronkiolitis dan tidak tergolong parah, biasanya dokter akan menyarankan Anda melakukan perawatan di rumah. Contoh-contoh perawatan di rumah untuk kondisi ini adalah:

  • Mengistirahatkan anak
  • dan berikan dia banyak cairan (termasuk ASI dan susu formula). Hali ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Membuat ruangan kamar anak Anda nyaman dengan memasang pelembap udara.
  • Mensterilkan ruangan kamar anak Anda dari polusi udara (terutama asap rokok).
  • Memberikan obat pereda panas yang bisa dibeli bebas di apotek(misalnya ibuprofen dan paracetamol) jika anak Anda mengalami demam sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter atau pada petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Parasetamol dapat diberikan pada anak di atas umur dua bulan, dan iburofen dapat diberikan pada anak di atas umur tiga bulan dengan berat minimal lima kilogram. Jangan berikan aspirin karena obat ini diperuntukkan bagi orang-orang yang berusia 16 tahun ke atas.
  • Memberikan obat tetes saline (larutan mengandung garam) yang bisa dibeli secara bebas di apotek untuk meredakan hidung anak Anda yang tersumbat.

Pada kasus bronkiolitis parah dengan sesak napas yang mengkhawatirkan, maka penanganan harus dilakukan di rumah sakit. Selama dirawat di rumah sakit, selain mendapatkan terapi oksigen, anak-anak penderita bronkiolitis akan mendapatkan asupan cairan melalui infus.

Sumber : Pengobatan Bronkiolitis