Bagaimana cara mengobati penyakit Bakteremia?

Bakteremia adalah terdapatnya bakteri di dalam aliran darah. Hal ini bisa terjadi akibat adanya infeksi serius. Bagaimana cara mengobati penyakit ini?

Bakteremia adalah kondisi ketika terdapat bakteri dalam aliran darah. Pada keadaan normal, jumlah bakteri yang masuk ke dalam aliran darah hanya sedikit dan sistem imunitas tubuh dapat dengan cepat bertindak menghilangkan bakteri tersebut. Namun, jika bakteri bertahan cukup lama dalam jumlah banyak dalam aliran darah, kondisi ini bisa menyebabkan infeksi serius hingga sepsis. Bakteremia yang sampai mengakibatkan infeksi, rentan dialami orang dengan sistem imunitas tubuh yang lemah.

Tujuan utama penanganan bakteremia adalah menghilangkan sumber berkembangnya bakteri. Penanganan bisa dilakukan melalui pemberian antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Obat antibiotik dapat diberikan dalam bentuk oral maupun suntikan.

Jika sumber bakteremia diduga berasal dari pemasangan alat di tubuh seperti kateter urine, selain memberikan pasien antibiotik, dokter juga akan mencabutnya bila memungkinkan, atau mengganti alat tersebut. Operasi terkadang juga diperlukan untuk membersihkan abses atau mengangkat jaringan yang terinfeksi, bila tidak membaik dengan antibiotik.

Pencegahan terjadinya bakteremia perlu dilakukan, terutama untuk orang yang rentan mengalami infeksi akibat bakteremia. Upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah melalui:

  • Pemberian antibiotik sebelum operasi, atau sebelum dilakukan tindakan pada gigi.
  • Pemeliharaan kebersihan kateter.
  • Imunisasi, misalnya vaksin pneumonia atau influenza.

Sumber : https://www.alodokter.com/bakteremia