Bagaimana cara mengobati Paronikia?

Paronikia adalah infeksi kulit di sekitar kuku tangan atau kuku kaki, yang umumnya disebabkan oleh bakteri, namun bisa juga terjadi akibat infeksi jamur. Bagaimana cara mengobati Paronikia?
image

Dokter akan meresepkan antibiotik minum seperti erythromycin jika infeksi pada pasien disebabkan oleh bakteri. Namun jika infeksi tidak terlalu parah, pasien cukup diberikan krim antibiotik berisi asam fusidat. Sedangkan pada pasien dengan paronikia kronis, dokter akan meresepkan salep kortikosteroid, seperti hidrokortison atau betametason, atau salep anti jamur, misalnya clotrimazole dan miconazole. Obat antijamur dalam bentuk tablet seperti itraconazole atau terbinafine juga bisa menjadi pilihan.

Jika abses sudah terbentuk dan bengkak di jari kaki sudah sangat membesar, dokter bedah akan membuat irisan pada abses untuk membuang nanah. Dalam proses ini, dokter bisa mengambil sampel nanah untuk diperiksa, sehingga penyebab infeksi bisa diketahui. Jari pasien akan dibius sebelum dokter menjalankan prosedur ini. Pada kondisi kuku yang sedikit tumbuh ke dalam (cantengan), dokter bisa mengangkat sebagian atau seluruh kuku tersebut.