Bagaimana cara mengobati kucing yang terkena Ambeien?

Kucing

Kucing memang bukanlah hewan yang mudah memperlihatkan ekspresi jika memang sedang merasa sakit. Kucing tidak bisa memakai bahasa manusia untuk memperlihatkan kondisi tubuhnya namun sebenarnya anda sebagai pemilik bisa melihat gejala yang diperlihatkan kucing anda saat sedang sakit.

Bagaimana cara mengobati kucing yang terkena Ambeien?

Tanda Kucing Ambeien

Ada beberapa tanda yang bisa terlihat jika kucing anda menderita ambeien dan membutuhkan perawatan lebih lanjut.

  • Berubahnya sikap kucing seperti selalu mencoba menangkap ekornya sendiri karena kucing sedang merasakan gatal atau sakit.
  • Terjadi pembengkakan atau warna kemerahan di sekitar dubur.
  • Kucing kesulitan saat akan buang air besar.
  • Kesulitan buang air kecil yang terjadi karena infeksi kandung kemih, batu kandung kemih dan juga penyumbatan dan memperlihatkan ciri ciri kucing demam.
  • Terjadi pendarahan di sekitar area anus.
  • Kucing mengalami diare yang juga bisa terjadi selain masalah konstipasi atau sembelit yang juga menjadi gejala dari ambeien pada kucing.
  • Bentuk kotoran kucing kecil kecil, keras atau kering.
  • Nafsu makan menurun yang akan diikuti dengan menurunnya berat badan.
  • Kucing terlihat lesu, mual dan juga muntah.

Cara Mengatasi Kucing Ambeien
Untuk mengatasi kucing yang terkena ambeien, ada beberapa tahap yang harus dilakukan dan semuanya ini bisa anda lakukan sendiri di rumah namun juga beberapa diantaranya perlu penanganan lebih lanjut oleh dokter hewan.

Konsultasikan Dengan Dokter Hewan
Konsultasikan dengan dokter hewan anda apakah kucing membutuhkan tindakan medis lebih lanjut atau tidak. Kucing kemungkinan akan diberikan sedatif atau enema yang berfungsi agar kotoran bisa dikeluarkan secara manual. Jika kucing terlalu lama mengalami konstipasi, maka tekstur kotoran akan semakin mengeras dan semakin sulit untuk dikeluarkan. Enema ini merupakan lubrikan yang akan dimasukkan dalam rektum lewat anus agar bisa melunakkan sumbatan kotoran dan membantu agar kotoran lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, kemungkinan kucing anda akan diberikan mikroenema yang pemakaiannya serupa dengan alat pengukur suhu tubuh. Dalam kasus ambeien serius, sedatif atau anestesi umum juga kemungkinan akan diberikan agar saluran pencernaan kucing bisa dibersihkan sekaligus mengeluarkan penyumbatan. Seain itu, ambeien pada kucing juga bisa disebabkan karena tumor sehingga membutuhkan penanganan lebih serius.

Jika memang kucing anda mengalami pembesaran kolon karena konstipasi jangka panjang yang membuat otot tidak lagi bisa mendorong keluarnya kotoran dari tubuh bahkan sampai memperlihatkan tanda tanda kucing akan mati, maka tindakan operasi kemungkinan juga akan dilakukan.

Krim Ambeien
Krim ambeien bisa digunakan untuk mengatasi wasir yang dialami oleh kucing. Untuk komposisi krim wasir dan manusia ini rata rata sama sehingga anda bisa menggunakan krim wasir untuk manusia yang bisa dibeli di apotik. Krim ini nantinya akan bekerja untuk mereduksi bengkak dan juga meredakan gatal serta rasa sakit yang terjadi karena ambeien tersebut.

Minyak Cypress
Minyak esensial yakni cypress bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan terlalu berlebihan sekaligus meningkatkan pembekuan darah. Dalam minyak cypress ini memiliki sifat hemostatik dan astringen yang bisa membantu kontraksi pembuluh darah sekaligus mengencangkan jaringan di sekitar area anus.

Selain itu, minyak cypress ini juga bisa menenangkan kucing serta meringankan sembelit bahkan bisa juga digunakan untuk cara menghilangkan jamur pada kucing. Gunakan minyak cypress ini sebagai pengobatan topikal dengan cara menambahkan 3 hingga 4 tetes minyak ke bola kapas dan aplikasikan di sekitar area anus yang terkena ambeien.

Kantong Teh Hitam
Dalam teh hitam mengandung asam tannic yang juga memiliki sifat astringent alami untuk memperkecil jaringan sekaligus mengurangi pembengkakan dan juga rasa sakit yang disebabkan wasir. Untuk cara menggunakannya, basahi kantong teh dengan air panas kemudian tiriskan kantong teh dan tunggu hingga agak dingin. Tempelkan kantong teh hitam tersebut ke area ambeien selama 10 menit yang bisa anda lakukan antara 2 hingga 3 kali sehari.

Minyak Zaitun
Selain bisa diberikan untuk cara mengobati kucing sakit lemas, minyak zaitun menjadi cara mengobati ambeien kucing selanjutnya sebagai pengobatan eksternal mudah untuk dilakukan di rumah. Minyak zaitun memiliki kandungan anti inflamasi dan juga antioksidan yang bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Minyak zaitun ini juga bisa dicampurkan dengan jus daun prune dan oleskan di area anus kucing anda.

Minyak Almond
Ada begitu banyak minyak esensial yang aman digunakan untuk pengobatan luar kucing ambeien seperti salah satunya minyak almond.

Minyak ini memiliki sifat untuk melembutkan dan bisa meresap ke jaringan kulit terdalam, mengurangi peradangan, mengurangi sensasi seperti terbakar dan juga gatal yang diakibatkan dari ambeien. Tuangkan beberapa tetes minyak almon di kapas dan oleskan secara merata ke anus kucing yang dilakukan sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Gunakan Kompres Dingin
Menggunakan kompres dingin juga bisa mengurangi iritasi dan pembengkakan serta mati rasa yang sering terjadi saat kucing terkena wasir. Anda bisa membungkus es batu dengan handuk lembut dan tempelkan pada area wasir selama 15 menit dan ulangi setiap satu jam sekali untuk memberikan kelegaan yang juga bisa dilakukan sebagai cara merawat bayi kucing yang sedang sakit.

Lidah Buaya
Lidah buaya atau aloe vera sangat ampuh digunakan untuk menyembuhkan serta memiliki sifat anti inflamasi untuk mengatasi iritasi kulit karena wasir. Menerapkan lidah buaya langsung pada ambeien bisa mengurangi pembengkakan, gatal dan juga sensasi terbakar. Pastikan anda selalu menggunakan lidah buaya segar dari pohonnya langsung sebab bahan kimia atau tambahan dalam produk lidah buaya hanya akan menyebabkan iritasi semakin memburuk.

Witch Hazel
Witch hazel adalah salah satu minyak esensial yang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi ambeien pada manusia namun juga aman digunakan untuk hewan seperti anjing dan juga kucing. Dalam witch hazel mengandung astringen dan antiseptik yang sangat baik untuk mengurangi pembengkakan jaringan dengan cara mengecilkan vena hemoroid yang membengkak.

Selain itu sifat anti inflamasi yang ada dalam witch hazel ini juga bisa menyembuhkan wasir dengan cepat beserta gejalanya seperti pendarahan, iritasi dan juga sensasi seperti terbakar yang juga bisa dipakai untuk cara mengatasi kucing keseleo.

Witch hazel ini bisa diaplikasikan langsung pada area yang terkena ambeien dengan cara merendam kapas dalam witch hazel. Oleskan bola kapas tersebut pada area yang terkena dan diamkan selama beberapa menit kemudian ganti dengan kapas dan witch hazel yang baru. Ulangi cara ini setiap kali kucing buang air besar secara teratur hingga ambeien pada kucing bisa disembuhkan.

Minyak Geranium
Minyak geranium yang juga merupakan salah satu jenis minyak esensial ini bisa anda gunakan untuk mengobati wasir pada kucing dan mengurangi beberapa gejala yang ditimbulkan seperti pembengkakan, rasa sakit, mati rasa dan berbagai gejala lainnya. Selain itu, kandung dalam minyak geranium seperti terpenoid, flavonoid dan beberapa jenis antioksidan lain dalam minyak geranium juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing.

Campur 6 tetes minyak geranium dengan 1 sendok makan minyak zaitun.
Aplikasikan campuran ini memakai kapas pada ambeien dan lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Tea Tree Oil
Tea tree oil atau minyak pohon teh mengandung sifat anti jamur, anti bakteri, anti virus dan juga analgesik yang sangat baik untuk mengobati ambeien pada kucing serta cara mengobati luka pada kucing. Selain itu, minyak pohon teh ini juga bisa mengurangi peradangan dan rasa tidak nyaman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

Campur 2 tetes tea tree oil dengan 1 sendok makan minyak kastor hingga rata.
Celupkan beberapa kapas dalam campuran minyak ini dan gunakan untuk diterapkan pada ambeien.
Ulangi sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

Operasi Ambeien
Jika ambeien yang dialami kucing anda sudah sangat parah bahkan disertai juga dengan komplikasi akut dan sudah tidak ada lagi pengobatan yang bisa dilakukan. Maka operasi ambeien menjadi pilihan terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi ambeien pada kucing anda. Operasi ini dilakukan untuk mengeluarkan ambeien atau bekuan sayatan kecil yang umumnya membutuhkan waktu antara 2 hingga 3 minggu untuk proses pemulihan. Namun operasi ambeien ini hanya menjadi pilihan terakhir yang disarankan dokter hewan jika semua pengobatan lain gagal dilakukan.

Cara Lain Mengatasi Ambeien Kucing
Selain beberapa cara mudah diatas, masih ada 3 jenis pengobatan ambeien yang bisa anda lakukan di rumah seperti menggunakan:

  • Minyak chamomile: mengandung sifat antioksidan, anti inflamasi, astringen ringan dan juga penyembuhan karena kandungan senyawa flavonoid dan juga terpenoid dengan cara dioleskan langsung pada wasir.

  • Minyak Peppermint: Dalam minyak peppermint mengandung keton, mentol, oksida dan juga monoterpena yang bisa memberikan sifat analgesik, anti inflamasi, antiseptik, anti bakteri dan anti virus sehingga juga bisa digunakan sebagai pengobatan luar ambeien pada kucing serta cara mengatasi bulu kucing rontok.

  • Minyak lavender: Lavender memiliki sifat anti bakteri, analgesik, anti inflamasi dan juga anti spasmodik sehingga bisa meningkatkan fungsi organ vital kucing hanya dengan mengoleskan minyak tersebut secara berkala.

Referensi: https://arenahewan.com/cara-mengobati-kucing-ambeien