Bagaimana cara mengobati kucing yang mengalami kembung ?

kucing

Jika kucing kentut, biasanya hal itu merupakan sebuah tanda jika ia sedang kembung. Bagaimana cara mengobati kucing yang mengalami kembung ?

Menurut penelitian, sudah ada kesimpulan bahwa kucing juga bisa mengalami kembung layaknya manusia. Kembung untuk kucing gejalanya sama seperti manusia, misalnya tidak suka bergerak dan sering kentut. Pastinya kucing merasakan sesuatu yang tidak enak diperutnya, untuk itu anda perlu mengatasinya.

Cara menyembuhkan kucing kembung juga hampir mirip dengan manusia, karena penyebab kembung pada kucing sama seperti manusia yaitu kedinginan dan banyak makan sehingga udara terbawa oleh makanan dan megumpul didalam tubuh kucing.

Berikut beberapa cara mengobati kucing kembung menurut pakar :

  1. Berikan Minyak Telon Pada Perut Kucing

    Cara menyembuhkan kucing yang mengalami kembung juga mirip dengan manusia, biasanya manusia diberi minyal telon saat kembung. Ternyata kucing juga boleh diberi minyak telon karena sangat berguna untuk menghilangkan kembung juga tidak berefek samping bagi kucing. Cara pemberianya tinggal anda oleskan sedikit minyal telon (minyak kayu putih) pada bagian bawah kucing, atau bagian perut kucing. Lakukan hal tersebut sampai kucing bisa buang air dan kembungnya hilang, untuk pemberiannya bisa 3 kali dalam sehari.

  2. Berikan Minuman Jahe Hangat

    Kucing juga sama seperti manusia untuk mengobati kembung. Caranya dengan memberikan minuman jahe hangat untuk kucing. Minuman jahe yang hangat akan membuat perut sikucing lebih baik dan lebih mudah mengeluarkan kentut. Untuk minuman jahenya anda bisa buatkan manual, jangan membeli jahe instan karena mengandung glukosa. Pemberian minuman jahe hangat untuk kucing tidak perlu banyak banyak, untuk kucing dengan berat 1 KG maka berikan 1ml saja, jika berat kucing 2KG berikan 2ml saja. Jangan lupa memberi yang baru jika minuman sudah 24 tidak dihabiskan.

  3. Jangan Tempatkan Kucing Diruangan AC

    Karena kucing menjadi kembung sebab kedinginan maka anda tidak boleh ajak kucing bermain ditempat yang ada ACnya. Lebih baik hindarkan AC dan letakkan kucing diruangan yang lebih hangat saja agar suhunya dapat meningkat. Intinya saat kucing sedang kembung maka anda harus hangatkan kucing tersebut dengan handuk atau kain yang telah dihangatkan dengan kompor atau hair dry.

Itulah cara mengobati kucing yang sedang kembung, jika dilihat lebih rinci memang cara mengatasi kucing kembung sama seperti manusia yang sedang kembung. Nah, intinya saat kucing kembung bukan masalah apa-apa, tapi harus ditangani agar kucing tidak merasa sakit pada bagian perutnya.