Bagaimana Cara Mengobati Kelenjar Tiroid yang Membengkak?

Pembengkakan tiroid (gondok atau goiter) yang dibiarkan dapat menghambat pernapasan dan mengakibatkan penderita sulit menelan. Bahkan, operasi mungkin dibutuhkan sebagai cara mengobati kelenjar tiroid yang membesar. Bagaimana Cara Mengobati Kelenjar Tiroid yang Membengkak?

Setelah diagnosis gondok diberikan, penanganan pun akan ditentukan. Umumnya, langkah pengobatan bisa meliputi:

Pemberian Obat-obatan
Bila kelenjar tiroid membengkak akibat hipertiroidisme atau terlalu aktifnya kelenjar tiroid, dokter biasanya akan memberikan obat untuk memperlambat aktivitas kelenjar tersebut.

Sementara goiter yang disebabkan oleh hipotiroidisme (menurunnya aktivitas kelanjar) akan ditangani dengan mengonsumsi hormon sintetis levothyroxine. Hormon ini berperan sebagai pengganti hormon tiroid.

Meningkatkan Asupan Iodium
Gondok yang disebabkan oleh kekurangan iodium akan disarankan untuk meningkatkan asupannya, baik melalui makanan ataupun suplemen. Sebisa mungkin, diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Suplemen diberikan dengan catatan dosisnya harus tepat karena kebutuhan iodium tiap orang akan bervariasi. Mengonsumsi terlalu banyak iodium justru berisiko menjadi racun bagi tubuh.

Iodium Radioaktif
Jika obat tidak mampu menangani hipertiroidisme, dokter mungkin akan memberikan iodium radioaktif untuk menekan aktivitas kelenjar tiroid. Pada penanganan ini, semua atau sebagian sel yang memproduksi hormon di tiroid akan dihancurkan.

Iodium radioaktif berbentuk obat minum. Setelah ditelan, obat masuk ke aliran darah hingga mencapai kelenjar dan mulai menghancurkan sel-sel.

Cara mengobati kelenjar tiroid yang membengkak ini juga dapat diberikan untuk menangani nodul jinak di tiroid jenis tertentu.

Tiroidektomi
Saat gondokmu berukuran besar, kamu mungkin bertanya-tanya bisakah tiroid sembuh tanpa operasi.

Prosedur operasi yang disebut tiroidektomi, hanya akan dilakukan pada kasus goiter yang mengganggu pernapasan dan proses menelan maupun nodul yang menyebabkan hipertiroidisme atau bersifat kanker.

Tiroidektomi dapat dilakukan untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Ini bergantung pada penyebab dan keparahan gondok. Selama operasi, kamu tidak akan merasakan sakit karena berada di bawah pengaruh anestesi (pembiusan).

Setelah operasi, terapi hormon akan diberikan sebagai pengganti hormon tiroid.

Selama dan setelah mendapatkan penanganan, kamu mungkin akan diminta untuk beberapa kali kembali ke dokter. Langkah ini akan membantu dokter dalam memantau proses penyembuhan dan mencegah gondok kambuh kembali.

https://www.dokterbabe.com/artikel/cara-mengobati-kelenjar-tiroid/