Bagaimana cara mengobati kelainan gigi pada anak down syndrome?

anak down syndrome

Kelainan gigi pada anak down syndrome adalah berbagai penyakit gigi yang dialami oleh seorang anak penderita down syndrome, yang biasanya seragam dan perlu juga diberikan perhatian dan perawatan. Anda tentu sudah mengetahui suatu kelainan pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang dinamakan dengan down syndrome. Penyakit down syndrome ini dapat terjadi pada siapa saja dan anak mana saja tanpa memilih.

Cara Mengobati Kelainan Gigi pada Anak Down Syndrome

Setelah mengetahui apa saja jenis kelainan yang mungkin terjadi pada gigi anak down syndrome, maka selanjutnya anda perlu mengobatinya segera. Obatilah berbagai kelainan gigi tersebut dengan cara yang tepat yaitu seperti dijelaskan pada bagian di bawah ini:

Pertama, pengobatan yang dapat anda coba untuk kelainan gigi pada anak syndrome bisa dilakukan dengan selalu memeriksakan kondisi gigi anak down syndrome kedokter gigi secara teratur.
Kedua, berikanlah perawatan yang menyeluruh untuk memastikan pertumbuhan gigi anak down syndrome anda tidak mengalami masalah seperti umumnya. Cobalah melakukan berbagai cara dan perawatan alami.
Ketiga, anak-anak down syndrome yang mengalami permasalahan gigi selalu memiliki kelainan dalam pertumbuhan jumlah dan struktur gigi. Cobalah anda mengatasinya dengan mencabut gigi tersebut dan memastikannya bersih tanpa kotoran.
Pola erupsi gigi anak yang menderita Down Syndrome sebetulnya tidak jauh berbeda dengan anak tanpa Down Syndrome. Namun salah satu gejala yang dialami adalah gangguan motorik, termasuk juga motorik rahang. Kondisi ini menyebabkan kurangnya gerakan pengunyahan, padahal pengunyahan adalah salah satu yang merangsang pertumbuhan rahang dan gigi. Dengan demikian, anak Down Syndrome berpotensi untuk mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi serta persistensi gigi susu (gigi susu masih belum goyang padahal sudah waktunya).

Jika memang gigi tetapnya sudah tumbuh, ada baiknya gigi susu segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan gigi tetap dan supaya posisi gigi tetap tidak berjejal. Namun perlu diperhatikan juga seberapa tingkat keparahan Down Syndrome pada adik Anda. Pasien dengan Down Syndrome yang “severe” atau “berat” umumnya lebih sulit untuk kooperatif dalam menerima perawatan medis termasuk gigi, dan juga sulit untuk diam, cenderung terus-menerus bergerak. Oleh karena itu sebaiknya adik Anda ditangani oleh dokter gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (drg. Sp.KGA) yang lebih mendalami manajemen anak termasuk anak2 dengan kondisi khusus. Sekaligus juga untuk mengedukasi pasien serta keluarganya bagaimana cara perawatan gigi anak dengan Down Syndrome.

sumber: https://www.klikdokter.com/tanya-dokter/read/2707248/gigi-anak-down-syndrome