Bagaimana cara mengobati kanker lidah?

Umumnya kanker lidah dialami oleh mereka yang berusia di atas 55 tahun. Selain itu, kanker ini paling sering menyerang pria daripada wanita. Bagaimana cara mengobati kanker lidah?

Umumnya, pengobatan kanker lidah memiliki beberapa metode, tergantung dengan stadium kanker lidah yang yang dialami pasien. Metode pengobatan kanker lidah tahap awal biasanya hanya memerlukan operasi kecil untuk mengangkat area yang terkena kanker lidah.

Sedangkan jika tumor sudah menyebar ke bagian mulut lainnya, maka dokter akan menjalankan prosedur operasi pengangkatan sebagian atau seluruh lidah. Proses operasi ini dinamakan glosektomi.

Sayangnya, glosektomi ini memiliki beberapa efek samping seperti kesulitan menelan, bernapas, makan dan berbicara sehingga kamu membutuhkan terapi agar dapat mengatasi hal ini.

Pengobatan lainnya yang bisa ditempuh adalah dengan radioterapi. Terapi ini menggunakan zat radioaktif untuk membunuh sel kanker. Sedangkan alternatif lainnya adalah dengan kemoterapi. Proses ini menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel kanker tersebut.