Bagaimana cara mengobati ikan yang terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri?

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Hewan ini bisa terkena penyakit juga seperti hewan lainnya. Salah satu penyakitnya adalah karena bakteri. Bagaimana mengobatinya?

Penyakit ikan karena bakteri juga banyak dialami oleh kebanyakan ikan hias maupun ikan konsumsi.

Untuk mengetahui penyakit jenis ini biasanya terdapat luka berwarna merah di bagian luar tubuh ikan, contohnya ada pembengkakan pada perut, sirip ikan mengalami pembusukan, atau insang ikan terdapat bisul yang berisi cairan dan seterusnya Bakteri pada ikan ini disebut Aeromonas Hydrophyla yang umum menyerang ikan air tawar.

Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan menimbulkan bau tak sedap dan membuat kondisi ikan menjadi semakin mengenaskan. Cara mengatasi serangan bakteri ini hampir sama dengan cara mengatasi penyakit jamur pada ikan. Yaitu dengan menggunakan obat MG (Malacheet Green) yang bisa dibeli di toko ikan hias terdekat atau toko obat ikan lainnya Tahap pertama ialah cukup pindahkan ikan yang terserang penyakit bakteri ke dalam air yang sudah ada campuran obat dengan dosis 1-15 mg/L selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan secara teratur hingga benar-benar sembuh.