Bagaimana cara mengobati demodekosis parasit pada anjing?

Penyakit parasit pada kulit hewan kesayangan seperti anjing sering kali terjadi, apabila pemilik kurang memperhatikan kebersihan tubuh peliharaannya dan kebersihan lingkungan disekitarnya. Salah satu penyakit kulit yang umum dijumpai pada hewan kesayangan adalah demodekosis, yakni infeksi parasit pada kulit hewan yang disebabkan oleh Demodex sp., (pada anjing: Demodex canis).

Pasien demodekosis general harus menjalani terapi intensif yang lebih lama. Antibiotic khusus akan diberikan pada anjing tersebut untuk mengatasi infeksi sekunder oleh bakteri yang menyebabkan pyoderma, dilanjutkan dengan injeksi dan terapi salep kulit anti demodex. Mandi 2 minggu sekali dengan larutan anti parasit dan sampo yang bersifat keratolitik juga perlu dilakukan, untuk mengoptimalkan hasil terapi dan menghilangkan kerak atau ketombe pada kulit anjing. Pengobatan suportif yang digunakan biasanya adalah vitamin E, kandungan antioksidannya dapat membantu regenerasi kulit dan mengembalikan pada kondisi normal.

Setalah dilakukan pengobatan rutin, secara berkala, dokter hewan akan melakukan scarping setiap 2-4 kali terapi, hingga tidak lagi ditemukan parasit. Biasanya, anjing penderita demodekosis general akan dinyatakan sembuh setelah 8kali treatment, namun sayanganya ada beberapa individu yang resisten dengan obat-obatan diatas. Jika hal tersebut terjadi, pengobatan lanjutan akan dilakukan menggunakan obat-obatan spesifik dengan tingkat kepekaan diatas pengobatan tahap awal.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, sebagai pemilik yang bijak sudah seharusnya kita teliti kondisi lingkungan kita, agar hewan kesayangan sehat dan kita sebagai pemiliknya terhindar dari resiko penyakit berbahaya yang dapat menular dari hewan peliharaan.

http://pecintasatwa.com/waspadai-demodekosis-parasit-pada-anjing/