Bagaimana cara mengobati cacar pada burung lovebird?

image

Penyakit cacar atau avian pox ini disebabkan oleh virus yang bekerja dengan cara merangsang kulit lapisan atas untuk tumbuh secara cepat dan menyebabkan jaringan baru mati lalu timbulah kutil. Virus ini juga dapat menyerang ungags lainnya seperti ayam, kalkun, burung elang dan burung pipit. Cara masuk virus tersebut kedalam tubuh seperti melalui nyamuk yang telah terinfeksi, burung terinfeksi, lalat, selaput lendir serta makanan dan air yang terkontaminasi. Terdapat dua jenis penyakit cacar yaitu basah dan kering.

Bagaimana cara mengobati cacar pada burung lovebird?

Penyakit Cacar Basah

Penyakit cacar basah ditandai dengan berkembangnya bercak berwarna putih atau plak pada selaput lendir di mulut, tenggorokan, trakea dan paru-paru yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan kesulitan makan. Penyakit ini lebih sering ditemukan pada ayam dan kalkun, bukan pada lovebird.

Penyakit Cacar Kering

Penyakit cacar kering menyerang tubuh bagian kulit dan muncul seperti kutil pada mata, pangkal paruh serta kaki. Tanda-tanda ketika lovebird anda terserang penyakit ini adalah nafsu makan menurun, lesu, gangguan penglihatan dan pernapasan (nafas tersengal-sengal). Lovebird yang terkena penyakit ini dapat sembuh (proses penyembuhan 2-4 minggu) dengan cara konsumsi vitamin.

Cara penanganan dan penyembuhan penyakit cacar :

  • Membersihkan sangkar burung secara rutin dan berkala
  • Memisahkan antara burung yang terjangkit dan burung sehat
  • Memberikan obat cacar khusus untuk burung
  • Memberikan ACC Blue atau Getacimin 0.1 persen
    Memberi makanan yang bergizi dan vitamin setiap hari.

Sumber : https://www.burung.web.id/lovebird/cacar/