Bagaimana cara mengobati batuk berdahak dengan obat herbal ?

Jika kita sedang mengalami batuk berdahak seringkali membuat tenggorokan kita terasa sakit, apakah ada obat herbal yang dapat menyembuhkan batu berdahak ?

  1. Minum Cukup Air Putih
    Minum air putih dapat membantu melembapkan lapisan lendir dan menipiskan dahak - dokterbabe
    Pernah mendengar nasihat untuk banyak minum air ketika sakit? Nasihat tersebut bukan sekadar saran asal. Minum air putih dapat membantumu meredakan batuk berdahak membandel.
    Saat kamu sedang sakit flu dengan gejala batuk berdahak cobalah untuk tetap minum air yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, cairan akan membantu mengencerkan dahak dan menenangkan iritasi tenggorokan.
    Dahak yang terkumpul di tenggorokan akan menyebabkan munculnya batuk. Minum air putih dapat pula membantu lapisan lendir tetap lembap.

  2. Manfaatkan Ekspektoran Alami
    Salah satu ekspektoran alami yang mampu menipiskan dan mengeluarkan dahak yaitu daun mint
    Ekspetoran mampu membantu menipiskan lendir dan mempermudah pengeluarannya saat batuk. Cara ini terutama dibutuhkan ketika lendir sulit untuk dikeluarkan meski kamu sudah batuk terus menerus.
    Selain pada obat, kamu juga bisa menemukan ekspektoran dari bahan-bahan alami. Salah satunya madu yang tak hanya lezat, tetapi juga dipercaya mampu meredakan batuk berdahak.
    Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu daun mint. Kandungan mentolnya dapat menipiskan lendir dan membantu mengeluarkan dahak. Kedua bahan ini bisa kamu campurkan dalam secangkir teh hangat sebelum tidur.
    Perlu dicatat bahwa ekspektoran tidak akan mengobati infeksi. Manfaatnya lebih mengarah pada meredakan gejala batuk berdahak, membuatmu tidur lebih baik, dan merasa jauh lebih nyaman.

  3. Mandi Air Hangat
    Udara saat mandi dengan air hangat dapat meringankan batuk dan melonggarkan lendir di saluran pernapasan atas - dokterbabe
    Satu lagi saran yang pasti sudah sering kamu dengar saat sedang sakit flu disertai batuk berdahak, yaitu mandi air hangat. Langkah ini ternyata tidak hanya dilakukan untuk membersihkan tubuh, namun juga berguna untuk melegakan batuk berdahak.
    Cara mengobati batuk berdahak dengan mandi air hangat dilakukan untuk memeroleh udara yang hangat dan lembap. Udara ini mampu meringankan batuk yang membandel dengan melonggarkan lendir di jalan napas.
    Selain mandi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang sama melalui humidifier. Bahkan hanya dengan bernapas pada kain bersih yang sudah direndam dalam air hangat dapat membantu menipiskan lendir dan menangani lendir yang mengeras.

  4. Oleskan Minyak Kayu Putih
    Oleskan minyak kayu putih untuk memberikan rasa hangat dan meredakan gejala batuk berdahak
    Selain memberikan rasa hangat pada kulit, mengoleskan minyak kayu putih mungkin menolong keluhan batuk berdahak.
    Minyak kayu putih tampaknya membantu melonggarkan lendir yang mengganggu, sehingga ketika batuk dahak akan lebih cepat keluar. Rasa hangat yang muncul juga bisa membantu meredakan gejala batuk berdahak.
    Cukup oleskan minyak kayu putih pada bagian dada. Selain minyak kayu putih, manfaat ini bisa pula didapatkan dari penggunaan balsem yang memiliki kandungan mirip minyak kayu putih.

  5. Kenali Penyebab Batuk Berdahak
    Jangan salah mengenali gejala batuk berdahak sebagai alergi
    Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari flu hingga alergi. Sayangnya, beberapa orang terkadang salah mengira penyebab batuknya. Dahak yang tebal sering disangka sebagai reaksi alergi.
    Akibatnya, hal ini dapat memicu salahnya cara mengobati batuk berdahak. Karena dikira disebabkan oleh alergi, maka antihistamin dikonsumsi untuk menurunkan gejala. Padahal penggunaan yang tidak tepat justru membuat dahak lebih sulit keluar.

  6. Rutin Mengonsumsi Madu Soba
    Mengonsumsi madu soba dapat dilakukan sebagai cara mengobati batuk berdahak
    Untuk membuat saluran pernapasanmu kembali lancar, cobalah rutin mengonsumsi madu soba. Sebuah penelitian menyatakan konsumsi madu jenis ini secara rutin mampu menurunkan gejala batuk berdahak layaknya pemberian obat ekspektoran seperti dextromethorphan.
    Konsumsi madu langsung tanpa mencampurkannya dengan teh herbal untuk mengobati batuk berdahak, radang tenggorokan, hingga pilek. Namun ingatlah, madu ini sebaiknya tidak diberikan kepada bayi berusia di bawah satu tahun.

  7. Gunakan Alat Pelembap Udara
    Gunakan alat pelembap udara untuk mengobati batuk berdahak
    Melembapkan udara dapat kamu jadikan solusi untuk mengobati batuk berdahak tanpa obat. Tahap ini dipercaya dapat membantu mengencerkan lapisan dahak dan membuatnya mudah dikeluarkan dari saluran napas. Cara ini juga dapat membantumu tidur lebih nyenyak di malam hari.
    Dibandingkan dengan penggunaan uap air panas, kamu dapat menggunakan alat pelembap udara (humidifier). Namun, pastikan untuk membersihkannya secara rutin agar tidak terkontaminasi jamur.

  8. Kompres dengan Air Hangat
    Kompres air hangat membantu mengurangi gangguan jalur napas karena sumbatan dahak
    Jika kamu enggan menggunakan alat pelembap udara, cobalah kompres wajahmu dengan air bersuhu suam-suam kuku. Meskipun cara ini banyak digunakan untuk meringankan sakit kepala pada penderita sinus, kamu tetap bisa mencobanya.
    Menghirup uap hangat yang keluar dari handuk atau waslap dapat mengencerkan dahak yang menyumbat tenggorokanmu. Lakukan prosedur itu beberapa kali di malam hari. Pastikan juga untuk mencelupkan handuk atau waslap tersebut ketika sudah dingin.

  9. Berkumur dengan Air Garam
    Berkumur dengan air garam membantu mengencerkan dahak yang menggantung di tenggorokan
    Kamu bisa berkumur dengan air garam sebagai cara mengobati batuk berdahak yang mengganggu tenggorokan. Selain menghilangkan dahak yang mengganggu napas, air garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan radang tenggorokan.
    Coba campurkan satu cangkir air hangat dengan ½ atau 1 sendok teh garam. Dan berkumurlah selama 30-60 detik hingga air pada cangkir habis. Prosedur ini dapat kamu lakukan sekitar 2-4 kali sehari.

Referensi