Bagaimana cara mengobati atau mengatasi kepribadian ganda?

Kepribadian ganda

Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif adalah kondisi di mana seorang individu memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Umumnya gangguan ini disebabkan oleh kejadian traumatis yang dialami individu tersebut di masa kecilnya.

Bagaimana cara mengobati atau mengatasi kepribadian ganda ?

1 Like

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum menjalankan terapi, yaitu:

1. Evaluasi

Langkah pertama untuk menentukan terapi yang tepat adalah melakukan evaluasi yang menyeluruh lebih dulu. Hal ini penting untuk mengenali sejauh apa gangguan kepribadian yang diderita seseorang yang telah dialaminya. Untuk mendapatkan diagnosa yang akurat, akan dilakukan beberapa macam evaluasi terhadap individu yang dicurigai mengalami gangguan kepribadian. Metode evaluasi tersebut yaitu:

  • Pemeriksaan Fisik – Dokter akan memeriksa secara menyeluruh tentang sejarah pribadi, gejala dan mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mendalam. Beberapa tes mungkin saja dilakukan seperti tes cedera kepala, penyakit otak, kelainan pola tidur atau kecanduan, semua yang dapat menyebabkan kehilangan ingatan atau perasaan berhalusinasi.
  • Pemeriksaan Psikiatri – Ahli psikiatri atau ahli kesehatan mental akan menanyakan mengenai pikiran, perasaaan dan tingkah laku individu tersebut dan mendiskusikan gejala yang dialami. Dengan izin pasien, informasi dari keluarga atau orang dekat dapat menjadi sangat membantu.
  • Penentuan Diagnosa – Ahli kesehatan mental akan membandingkan hasil yang didapatkannya dengan panduan mengenai gejala Dissociative Identity Disorder.

2. Diagnosa

Gangguan kepribadian ganda dapat digolongkan lagi menjadi tiga macam yaitu:

  • Dissociative Amnesia
    Pada gangguan kepribadian jenis ini, akan ada waktu – waktu dimana penderita tidak bisa mengingat informasi penting mengenai dirinya sendiri. Kehilangan memori ini terlalu besar untuk dijelaskan dengan sifat pelupa biasa. Juga, tidak berhubungan dengan penyakit trauma kepala atau penyalah gunaan alkohol dan obat. Hal ini mengganggu kehidupan sehari – hari dan sosial individu tersebut.

  • Dissociative Identity Disorder
    Menurut pengamatan orang lain, individu tersebut menunjukkan dua atau lebih kepribadian yang lain, masing – masing memiliki karakteristik khusus yang berbeda. Mengalami kehilangan waktu yang berulang yang tidak sama dengan sifat alpa biasanya, dan bukan merupakan hubungan dari praktek keagamaan, budaya tertentu, ataupun penyakit dan alkohol serta obat – obatan. Kelainan ini juga telah mengganggu hubungan dengan orang lain, pekerjaan dan menyebabkan stress.

  • Depersonalization – Derealization Disorder
    Mengalami perasaan terpisah dari tubuh secara terus menerus, seperti menjadi pengamat luar akan tubuh sendiri, atau merasa tidak terhubung dengan dunia sekitar sehingga semua hal terasa seperti mimpi. Ketika mengalami hal seperti itu, sadar bahwa itu bukanlah kenyataan. Gejala tidak hanya muncul selama adanya kelainan lainnya seperti skizophrenia atau serangan panik. Juga bukan karena penyakit tertentu, obat – obatan atau alkohol dan telah sangat mengganggu kehidupan sehari – hari serta hubungan sosial.

3. Terapi

Jenis perawatan yang biasa dilakukan untuk penderita gangguan kepribadian ganda yaitu:

  • Psychotherapy – Disebut juga sebagai terapi bicara, terapi ini merupakan terapi utama untuk gangguan kepribadian. Ini adalah istilah luas untuk menyatakan beberapa macam bentuk terapi yang dilakukan.
  • Terapi Kognitif Tingkah Laku – Bentuk terapi ini berfokus kepada mengganti pola pikir yang disfungsional, seperti juga perasaan dan tingkah laku yang termasuk ke dalam kategori disfungsional.
  • Eye Movement Desensitization and Reprocessing (EMDR) – Teknik ini digunakan untuk merawat individu dengan mimpi buruk yang terus menerus, kilasan masa lalu, dan gejala lainnya dari stress paska trauma.
  • Dialectic Behavior Therapy – Salah satu bentuk psikoterapi untuk individu dengan gangguan kepribadian berat, yang termasuk gangguan kepribadian yang muncul setelah mengalami suatu pengalaman berat atau trauma.
  • Terapi Keluarga – Terapi ini membantu untuk mengajarkan kepada keluarga tentang kelainan kepribadian tersebut sekaligus membiasakan keluarga untuk mengenali gejala – gejalanya.
  • Terapi Kreatif – Terapi melalui penyaluran kreativitas seperti musik, melukis dan bidang seni lainnya membuat pasien dapat mengekspresikan perasaan, pikiran dan pengalaman mereka melalui bidang yang kreatif dan aman. (Baca juga : Psikologi Kognitif)
  • Teknik Meditasi dan Relaksasi – Membantu individu untuk lebih toleran terhadap kondisi kelainan kepribadian mereka dan menjadi lebih sadar diri.
  • Hipnosis Klinis – Suatu metode perawatan yang melibatkan relaksasi, konsentrasi, dan pemusatan perhatian yang fokus untuk menerima satu perubahan kesadaran, membuat individu untuk dapat mengeksplorasi pikiran, perasan dan ingatan yang tersembunyi.
  • Medis – Tidak ada pengobatan medis yang dikhususkan kepada kasus gangguan kepribadian ganda, namun obat – obat anti depresi, anti kegelisahan dan obat penenang terkadang diresepkan untuk membantu mengontrol kesehatan mental yang berhubungan dengan gejala kepribadian ganda.