Bagaimana cara mengobati Amebiasis ?

Amebiasis adalah infeksi parasit pada usus yang disebabkan oleh parasit Entamoebae histolytica atau disingkat E. histolytica. Lalu bagaimana cara mengobati penyakit ini ?

Pengobatan untuk Amebiasis harus melalui resep yang mencukupi dari dokter Anda. Setelah pengobatan, dokter akan memeriksa kotoran Anda untuk memastikan bahwa parasitnya telah keluar dari tubuh.

Obat-obat yang disarankan dapat berupa Metronidazole dan Iodoquinol. Namun, obat-obat ini memiliki efek samping seperti mual, sakit kepala, menyebabkan mulut kering, atau warna urin yang gelap. Jika mengonsumsi obat-obat ini, Anda tidak boleh meminum alkohol selama perawatan.

Anda sebaiknya meminum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Di beberapa kasus, Anda membutuhkan transfer air.

Infeksi Entamoeba dalam saluran pencernaan akan menghilang dalam dua minggu. Jika histolytica bergerak ke organ lain, Anda tetap memiliki kemampuan untuk pulih sepenuhnya jika dirawat dengan tepat dan benar.

Namun, tanpa campur tangan dokter, pasien yang terinfeksi Entamoeba berisiko meninggal. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun terdapat 70.000 orang meninggal karena Amebiasis.