Bagaimana Cara Mengkomunikasikan Product Roadmap Kepada Stakeholder?

Dalam dunia agile saat ini, menyajikan dan mengkomunikasikan strategi produk ataupun roadmap bukanlah hal yang aneh dari siklus hidup produk. Bagaimana cara mengkomunikasikan product roadmap kepada stakeholder secara baik dan benar?

Sebagai product manager, kita mau tidak mau harus menyajikan product kita kepada audience, salah satunya tentunya adalah stakholder agar stakeholder mau melakukan kerja sama dengan produk yang kita miliki. Beberapa cara dalam mengkomunikasikan product roadmap yang kita miliki antara lain adalah:

Pengertian-Stakeholder-Teori-Analisis-dan-Contoh

  1. Persiapan yang matang, Membuat dokumen saja tidak cukup, kita harus siap untuk menceritakan kisah yang meyakinkan dan membenarkan mengapa setiap inisiatif di roadmap yang kita buat layak untuk ditunjukkan. Beberapa hal yang harus disiapkan antara lain presentasi yang terstruktur, ringkas, mengantisipasi objektifitas, serta menyediakan contoh-contoh yang spesifik.

  2. Mengetahui audience, Mengetahui audiens Anda adalah prinsip utama untuk semua jenis komunikasi, tidak terkecuali untuk roadmap. Dalam roadmap yang menghadap eksekutif, fokuskan pada tema tingkat tinggi dan sasaran strategis. Diskusi harus berada di sekitar pemasaran, data pelanggan, dan laba atas investasi potensial untuk proyek-proyek baru.

  3. Status Komunikasikan, Roadmap umumnya harus mengkomunikasikan strategi tingkat tinggi, tetapi ketika bertemu dengan stakeholder kita tidak bisa menghindari beberapa diskusi tentang rincian dan tenggat waktu tertentu. Stakeholder ingin mengetahui status proyek kita saat ini, bagaimana kita mengalokasikan sumber daya, dan bagaimana status proyek-proyek tersebut dapat berubah jika sumber daya yang dialokasikan secara berbeda. Kenyataannya adalah bahwa stakeholder ingin melihat fitur-fitur baru dirilis dan akan bersemangat untuk mengetahui seberapa dekat kita untuk sampai ke sana.

referensi: https://www.productplan.com/communicate-roadmap-stakeholders/