Bagaimana cara menghilangkan stress penyebab insomnia?


(Bunga asmara) #1

Medicine diperuntukkan untuk diskusi seputar ilmu kedokteran dan cabang keilmuannya seperti keperawatan, kedokteran gigi, ilmu gizi, kesehatan masyarakat dan farmasi.

Pada kategori ini, dibahas hal-hal yang bersifat umum. Untuk hal yang bersifat khusus, silahkan berdiskusi di sub kategori yang tersedia, sehingga diskusi menjadi lebih fokus dan nyaman.


(Athayya Salsabila Anandityo) #2

stress dan insomnia merupakan hal yg sangat berkkaitan. karena stress juga dapat menjadikan penyebab utama manusia memiliki ketidak mampuan untuk tidur pada periode/waktu seharusnya atau kerap disebut insomnia. banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan mengapa manusia bisa mengalami insomnia, salah satunya adalah stress atau depresi.
cara menghilangkan stress dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

1. Lakukan hobi anda
Cara mengatasi stress dengan melakukan hobi yang ingin anda lakukan adalah cara paling mudah. Hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang jika dilakukan. Tujuannya adalah untuk mendapatakan suatu kesenangan sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa orang tersebut. Bahkan, melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat setelah melakukan aktifitas yang melelahkan.

2. Komunikasi
saat anda mengalami stress, lakukan komunikasi atau berceritalah terhadap orang/kerabat terdekat anda. ceritakan semua hal yg menurut anda butuh untuk diceritakan dan diberi solusi. karena tak semua permasalahan dapat anda selesaikan sendiri. adapun hasil penelitian para ahli bahwa orang yang tertutup atau jarang berkomunikasi dengan orang akan cenderung lebih mudah mengalami stress dibanding dengan orang yang membuka diri.

3. Berlibur
rekreasi merupakan cara yang baik untuk dilakukan untuk menghindari lingkungan negatif. Oleh karena itu, rekreasi juga merupakan kegiatan yang sangat efektif untuk mengatasi stres. lakukan rekreasi bersama kerabat atau orang-orang yang membuat anda senang berada di sekelilingnya (keluarga/teman). selain itu, jalan-jalan juga ampuh untuk menghilangkan stres sebab dengan melakukan hal ini, seseorang merasa memiliki suasana hati yang rileks.

4. Olahraga
Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. semisal dalam olahraga berenang, akan membawa diri anda ke dalam suasana yang rileks. atau dengan jalan sehat saat sore yang akan membuat diri anda merasa lebih baik dan sehat.

5. Istirahat yang cukup
dengan tidur atau beristirahat, dapat membantu anda melupakan masalah yang membuat anda stress sejenak. setelah bangun, pasti anda akan merasa segar dan mulailah mencari solusi-solusi yang tepat untuk masalah anda. jangan biarkan insomnia terjadi pada diri anda. karena pada dasarnya kita mempunyai tubuh yang sangat membutuhkan istirhat yang cukup. jika kita tidak istirahat cukup, maka pasti akan mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas.


(Nurul Auliyah) #3

Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur ataupun mempertahanakna tidur. biasanya kesulitan tidur ini disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat seperti jam tidur yang tidak teratur, sering begadang dan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minum yg mengandung kafein dan penyebab insomnia juga karena stress yaitu kecemasan seperti didera kegelisahan yang dalam biasanya memikirkan permasalahan yang sedang dihadapi. stress akan menggangu pola tidur alami anda dan juga menggangu metabolisme yang menjadi kacau.
ada banyak cara untuk menghilangkan stress dan merilekskan pikiran agar terjauh dari insomnia, diantaranya:

  1. Olahraga, olahrag tidak hanya baik bagikesehatan tubuh saja, tetapi jufa baik bagi keshatan mental. maka dengan berolahraga secar teratur dapat mengatasi stress ringan sehingga tubuh tetap sehat dan bebas stress.
  2. Melakukan Hobi yang disukai
    melakukan kegiatan yang disukai akan meningkatkan rasa senang dan membuat seseorang lebih bersemangat melakukan kegiatan sehari-hari.
  3. Berbagi cerita dengan orang lain agar bbeban yang ada bisa berurrang dan membantu menguatkan pertemanan serta menarik solusi yang baik untuk memecahkan masalah.
  4. Sering-sering mendengarka musik, cara ini ampuh untuk menghilangkan stress yang berat ataupun berlebihan.
  5. Melakukan Yoga.
  6. Berlibur bersama keluarga ataupun teman, cara ini sangat efektif untuk merilekskan pikiran.