Bagaimana cara menghilangkan red eye pada foto?

image

Saya sering foto orang pada malam hari namun hasilnya sering kali menampakkan mata yang bercahaya pada object foto saya. Seperti yang kita ketahui hal tersebut dalam istilah photography disebut dengan red-eye. Bagaimana cara meminimalisir hal tersebut?

Red-eye disebabkan oleh cahaya entah itu dari flash yang dikeluarkan oleh kamera Anda yang memantul terhadap retina manusia yang Anda foto.

Cara untuk meminimasilirnya adalah meredupkan cahaya yang mengenai subjek. Cara umum untuk melakukan ini adalah menggunakan flash bouncing eksternal dan memantulkan lampu flash dari langit-langit jika Anda berada di Indoor atau tembok terdekat jika berada di Outdoor. Hal ini memiliki efek yang menerangi area objek secara meluas bukan menyemburkan cahaya ke subjek secara langsung. Hal ini cenderung mengurangi bayangan kasar juga. Jika Anda tidak memiliki flash bouncing, Anda dapat mencoba melampirkan diffuser ke flash yang ada. Satu cara lain adalah memantulkan flash ke reflector (biasanya membutuhkan asisten untuk memegangi reflektornya).