Bagaimana Menghilangkan Rasa Minder?

minder

Kepercayaan diri adalah kepercayaan atau keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap diri sendiri dan kemampuannya, juga mencakup pendapatnya tentang dirinya sendiri. Memiliki kepercayaan diri akan mempengaruhi bagaimana cara orang tersebut berpikir dan bertindak, bagaimana cara berpikir mengenai orang lain, dan juga tingkat kesuksesan yang dicapai dalam hidup. Ini adalah merupakan salah satu bentuk kecerdasan emosional, yaitu seseorang yang percaya diri adalah seseorang yang berhasil menggunakan cara meningkatkan kecerdasan emosional di dalam dirinya.

Bagaimana cara menghilangkan rasa minder ?

Beberapa cara menghilangkan rasa minder yaitu :

  1. Merawat Diri Sendiri
    Terkadang kepercayaan diri dapat tumbuh berkat penampilan diri yang prima. Merawat diri sendiri dapat membuat seseorang memiliki keyakinan diri yang meningkat karena mengetahui bahwa penampilannya layak dilihat. Sungguh luar biasa bagaimana ketelatenan merawat diri dengan mandi, bercukur dan menjaga kebersihan diri agar selalu rapi, bersih dan wangi dapat membuat Anda melupakan rasa minder.

  2. Menerima Diri Sendiri
    Penting untuk dapat menerima diri sendiri apa adanya agar tidak terjerumus kepada rasa minder. Anda tidak dapat mengharapkan untuk memiliki penampilan yang sama dengan orang lain. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing baik dalam hal fisik maupun sifat dan mental, hanya saja kekurangan tersebut tidak selalu terlihat oleh orang lain. Menerima diri sendiri termasuk mensyukuri apa yang dimiliki beserta segala kekurangan dan kelebihan akan mencegah Anda dari merasa minder.

  3. Memperbaiki Penampilan
    Selain penampilan yang terawat, masih ada aspek lain yang perlu dibenahi yaitu seperti busana dan tata rias Anda. Ubahlah cara berpakaian menjadi lebih mengikuti zaman, begitu pula dengan gaya rambut, pemilihan aksesoris, dan pemakaian make up bagi wanita. Memperbanyak mencari info mengenai penampilan yang menarik dapat membantu sebagai referensi Anda. Padu padankan busana dan aksesori yang dimiliki untuk menciptakan kesan baru dan segar bagi penampilan.

  4. Menghargai Pencapaian Diri
    Berilah penghargaan pada diri sendiri dengan mensyukuri pencapaian yang Anda buat, sekecil apapun itu. Anda patut bersyukur atas suatu pencapaian, karena setiap hal yang kita capai sebenarnya sangat berarti terutama jika hal itu terwujud berkat kerja keras diri sendiri. Beri hadiah bagi diri Anda setiap kali berhasil menaklukkan godaan untuk bersikap minder agar dapat menjadi suatu motivasi. Tentu saja tidak perlu menghamburkan biaya untuk itu, Anda dapat mengandalkan kreativitas untuk menyenangkan diri sendiri.

  5. Cari Dukungan
    Anda tidak dapat menghilangkan rasa minder tanpa dukungan atau bantuan dari orang lain yang mengerti permasalahan Anda. Jika lingkungan sekitar masih tetap membuat Anda tidak percaya diri, atau justru menjadi sumber dari semua perasaan minder Anda. Maka carilah teman yang akan memberikan dukungannya kepada Anda. Jauhi lingkungan yang hanya akan membuat Anda terpuruk lebih dalam kepada rasa minder atau bergaul dengan orang-orang yang tidak memperdulikan diri Anda. Pilihlah teman yang akan membantu meningkatkan semangat Anda untuk memupuk rasa percaya diri.

  6. Meningkatkan Pengetahuan
    Pengetahuan adalah kekuatan, karena itulah sangat penting untuk menyerap berbagai informasi yang berguna sebaik – baiknya untuk mengasah ketajaman berpikir Anda. Pengetahuan dapat memperluas wawasan seseorang ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang dan juga menjadi sarana untuk menjadi lebih percaya diri pada pergaulan sosial, karir, dan pendidikan. Pengetahuan juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kepribadian seseorang.

  7. Berpikir dan Bertindak Positif
    Tidak cukup hanya selalu berpikir positif dan menyingkirkan berbagai pikiran negatif, pikiran yang positif juga harus diikuti dengan tindakan yang positif pula. Mewujudkan tindakan yang positif dalam kehidupan sehari – hari akan sangat berpengaruh kepada peningkatan rasa percaya diri seseorang. Usahakan untuk meminimalkan kebiasaan berpikir negatif agar tidak melemahkan semangat Anda untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Harga diri yang rendah atau minder adalah melihat diri Anda adalah pribadi yang tidak layak, tidak dapat diterima, tidak mudah dicintai, dan / atau tidak kompeten. Keyakinan ini menciptakan pikiran negatif yang mempengaruhi perilaku Anda dan pilihan hidup Anda, dimana apabla tidak segera diatasi sering kali akan menurunkan harga diri Anda menjadi lebih parah.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untukmeningkatkan harag diri anda adalah :

Jalani hidup anda saat ini

Ketika Anda berfokus pada kehidupan saat ini, Anda dapat memilih tindakan Anda secara lebih sadar dan bijaksana, tidak terpengaruh oleh rasa sakit di masa lalu Anda dan tidak peduli dengan kekhawatiran atau harapan tentang masa depan. Lupakan masa lalu, jadikan masa lalu sebagai pelajaran dan ambil hikmahnya. Rencanakan masa depan anda, tetapi jangan lupa bahwa Anda hidup di masa sekarang, bukan masa depan.

Kembangkan kesadaran

Ketika Anda lama kondisi sadar, Anda dapat mengenali bagaimana Anda merespons dan bereaksi terhadap ketakutan Anda sendiri, menciptakan momen diantara emosi Anda dan tindakan Anda. Dengan melakukan hal itu, maka Anda dapat memilih untuk merespons segala sesuatu yang terjadi pada Anda dengan cara yang lebih sehat.

percaya diri

Tulislah

Banyak pikiran dan perasaan Anda yang terkunci didalam alam bawah sadar Anda. Dengan menuliskannya, maka hal itu dapat membantu Anda membawa pikiran dan perasaan Anda ke dalam alam sadar Anda. Menuliskan tentang cara Anda merasakan dan memikirkan segala sesuatunya dapat membantu Anda untuk memisahkan ide-ide dan pikiran-pikiran negatif tentang diri Anda sendiri dari Anda akan mendapatkan kebenaran tentang siapa diri Anda sebenarnya.

Jadilah orang yang tidak mudah menghakimi

Ketika Anda tidak mudah menghakimi seseorang, dan yang terpenting adalah diri Anda sendiri, maka kita dapat menerima diri Anda sendiri apa adanya, baik hal itu berkaitan dengan pengalaman Anda, kegagalan dan keberhasilan Anda. Yakinlah bahwa Anda dan orang lain mempunyai kondisi yang sama, ada sisi baik dan ada sisi buruknya. Banggalah dengan segala kebaikan yang Anda miliki.

percaya diri

Tunjukkan kasih sayang terhadap dirimu sendiri

Anda pantas untuk mencintai dan dicintai sama seperti orang lain. Kasih sayang terhadap diri Anda hanya berarti memberikan diri Anda sendiri dengan cinta, keamanan, dan penerimaan. Cintai dan kasih diri Anda sendiri, karena hal itu akan secara langsung meningkatkan kepercayaan diri Anda.