Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Sembab?

Menangis semalaman karena adegan menyentuh atau luapan emosi yang tak terbendung bisa membuat mata sembab keesokan harinya. Kondisi tersebut sudah jelas membuat penampilanmu terganggu. Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Sembab?

Terdapat banyak cara menghilangkan mata sembab, mulai dari langkah yang sederhana seperti minum cukup air putih hingga pemberian krim tertentu. Jika mata sembabmu bukan disebabkan oleh kondisi medis tertentu seperti infeksi pada mata atau gangguan ginjal, berbagai cara mudah berikut dapat dicoba untuk menghilangkannya dengan sempurna, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Berbaringlah dengan Posisi Setengah Duduk
    Bila kamu memiliki banyak waktu, tidurlah. Tentunya dalam posisi tidur yang benar. Cobalah tidur dengan kepala lebih tinggi dari bagian tubuh yang lain.

Kamu bisa melakukannya dengan menopang kepala dengan bantal tambahan. Cara ini dapat mencegah cairan mengendap di kelopak mata.

Dan perlu diingat, bila kamu memakai make up, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum tidur. Karena tidur dengan make up dapat membuat matamu berair dan membuat mata jadi lebih sembab keesokan harinya.

  1. Berikan Kompres Dingin
    Kompres dengan bahan bersuhu dingin bisa membuat mata sembab atau bengkak tersamarkan. Tak hanya itu, kompres dingin pun bisa membantu meredakan rasa gatal jika mata sembabmu diakibatkan oleh alergi. Tak perlu sulit, berikut beberapa pilihan bahan kompres yang bisa kamu dapatkan dengan mudah:

Dengan Kain
Kamu bisa menyamarkan mata sembab dengan menempelkan kain atau handuk dingin di kelopak mata sekitar 10 menit. Kain dingin ini bisa didapatkan dengan mencelupkannya ke air dingin atau menaruhnya di kulkas.

Dengan Kantung Teh
Teh mengandung antioksidan dan kafein yang bisa membantu mengurangi pembengkakan. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan mendinginkan 2 kantung teh bekas seduh di kulkas.

Selanjutnya, taruh masing-masing kantung di kedua matamu dan diamkan sekitar 15 menit. Untuk pilihan teh, teh hijau lebih disarankan meski teh hitam juga boleh digunakan.

Dengan Sendok
Kamu juga bisa menempelkan bagian cekung sendok logam yang telah didinginkan pada kelopak mata. Proses pendinginan sendok bisa dilakukan dengan menaruhnya di kulkas selama 5 hingga 10 menit.

Untuk durasi penempelan sendok, lakukan hingga sendok tidak terasa dingin lagi. Dan perlu diingat, batas pengulangan cara ini adalah sebanyak 3 kali. Di mana sensasi dingin yang terlalu lama justru bisa merusak kulit.

Dengan Mentimun
Manfaat mentimun bagi wajah tidak hanya untuk mendinginkan kulit. Mirip dengan teh, mentimun juga mengandung antioksidan yang bisa membantu mengurangi bengkak.

Untuk menggunakannya, caranya mudah, cukup iris mentimun dan masukkan dalam kulkas. Kemudian, tempelkan irisan tadi pada kelopak mata sekitar 15 menit.

  1. Mencuci Wajah
    Bila kamu tidak sempat mengopres matamu, cobalah mencuci wajah menggunakan air dingin. Cara ini dapat membantu menyamarkan mata bengkak.

Selain itu, mata bengkak juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi. Bila hal itu terjadi, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah mencuci wajah dengan benar menggunakan air.

Cara ini sangat praktis dan bisa sekaligus membantu menenangkan rasa gatal yang mungkin muncul. Mencuci wajah akan membantu membersihkan alergen (zat pencetus alergi) dari area mata.

  1. Melakukan Pijatan Pada Area Mata
    Kamu bisa melakukan pijatan lembut di area mata agar efek bekas menangis hilang. Caranya, cukup tekan kelopak mata dengan lembut menggunakan jari manis. Teknik ini dipercaya dapat melancarkan aliran darah di area mata.

  2. Kurangi Konsumsi Alkohol
    Asupan alkohol berlebihan dapat memicu berbagai masalah dalam tubuh. Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit, sehingga jaringan kulit sekitar mata rentan kendur dan nampak sebagai kantung mata yang membesar.

Kamu juga bisa mengalami gangguan tidur jika terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Saat hal itu terjadi, kamu bisa kekurangan tidur hingga mengalami insomnia. Maka mata sembab bisa mengganggu penampilanmu keesokan harinya.

Saat kamu terlanjur mengonsumsi minuman beralkohol, segera minum segelas air putih sebelum tidur. Gunakan krim mata jika diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya mata sembab.

  1. Gunakan Krim Khusus untuk Mata
    Saat ini tersedia banyak produk krim mata yang membantumu mengurangi sembab. Aplikasikan krim tersebut di sekitar area mata, pada malam hari sebelum tidur.

Cobalah cari krim mata dengan kandungan ekstrak kamomil, mentimun, ataupun minyak arnica. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu mengurangi inflamasi dan mengencangkan jaringan kulit.

  1. Samarkan dengan Penggunaan Make-Up
    Bila masih tampak bengkak, cobalah tutupi mata sembab dengan make up. Kamu bisa mengoleskan concealer untuk meratakan warna kulit sehingga kantung mata yang bengkak tidak lagi tampak.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memijat tulang hidung di area dekat mata. Cara ini disebut dapat meredakan tekanan pada sinus yang mungkin terjadi selama kamu menangis.

Selain cara-cara di atas, cobalah untuk minum banyak air setelah menangis. Di mana mata sembab bisa juga terjadi akibat dehidrasi. Saran minum air sehat adalah sebanyak 2 hingga 3 liter per hari.