Bagaimana Cara Menghilangkan Kulit Kaki yang Kasar atau Pecah-Pecah pada Tumit Kaki?

tumit kaki

Kaki yang kering dan pecah-pecah tentu tak akan begitu nyaman ketika digunakan beraktivitas seperti biasa. Selain adanya rasa perih pada bagian yang pecah-pecah, hal ini juga bakal otomatis menurunkan rasa percaya diri ketika harus mengenakan alas kaki terbuka, seperti sandal atau sepatu sandal. Kurangnya perawatan kaki dapat menjadi salah satu faktor yang membuat kaki mudah kering serta akhirnya pecah-pecah.

Namun kaki yang demikian bisa juga disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Paparan sinar matahari yang terlalu sering pun merupakan faktor penyebab lain yang perlu diwaspadai. Jadi, bagaimana kira-kira cara mengatasi kaki pecah-pecah ?

1 Like

Kaki pecah-pecah pada area tumit adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Memiliki kaki pecah-pecah tentu tidak menarik untuk dilihat. Lebih parahnya lagi, jika pecah-pecah atau retakan tersebut menjadi terlalu dalam, terkadang akan menimbulkan rasa sakit ketika berdiri atau berjalan.

Setiap orang pasti tidak ingin memiliki kaki pecah-pecah. Namun jika terlanjur mengalaminya, Anda tidak perlu risau. Ada beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah yang sederhana dan mudah dilakukan. Ada beberapa cara untuk menangani kaki pecah-pecah dan mencegahnya semakin parah, yakni:

1. Minum banyak air

Bila Anda tidak minum cukup air, mulut dan tenggorokan terasa kering dan serak. Hal yang sama pun berlaku pada kulit. Minum banyak air akan membuat kulit Anda lembap, sehingga kaki pecah-pecah dapat pulih secara perlahan.

2. Gunakan sabun yang lembut

Agar kondisi kulit kaki yang rusak cepat membaik, sangat penting untuk menjaga bagian kaki yang pecah-pecah tetap bersih. Namun hati-hati, membersihkan kaki menggunakan sabun yang berbahan kimia keras atau bersifat iritatif justru dapat membuat kulit terlalu kering.

Oleh karena itu, pilihlah sabun yang bahannya lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi dan tidak menghilangkan kelembapan pada kaki Anda.

3. Hindari mandi dengan air panas

Jika Anda ingin berendam atau mandi dengan shower , usahakan untuk tidak menggunakan air panas, ya. Hal ini karena mandi dengan air panas dapat membuat kulit cepat kering dan rusak, sehingga kaki pecah-pecah sulit membaik.

4. Oleskan pelembap secara rutin

Kaki yang kulitnya pecah-pecah perlu rutin diolesi pelembap. Ada beberapa jenis dan kandungan pelembap yang bisa digunakan, seperti minyak mineral, gliserin, dan urea. Salah satu jenis pelembap yang baik digunakan untuk kaki pecah-pecah adalah petroleum jelly

Pelembap bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Oleskan pelembap pada kulit kaki yang bermasalah, lalu kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap lebih baik. Pelembap ini akan memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kaki yang pecah-pecah dapat pulih.

5. Menggosok kaki untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Anda mungkin sudah tidak asing dengan batu apung yang kerap digunakan untuk menangani kulit tumit pecah-pecah. Batu ini cukup ampuh mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara penggunaannya cukup mudah, rendam kaki yang pecah-pecah dalam air selama 5 menit atau sampai kulit terasa lembut. Setelah itu, basahi batu apung dengan air hangat, lalu gosokkan secara perlahan pada area kaki pecah-pecah. Lakukan perawatan ini selama 2-3 menit.

Setelah selesai, oleskan kulit yang bermasalah dengan pelembap. Selain dengan batu apung, kaki juga bisa digosok menggunakan sikat kaki atau scrub khusus kaki.

Untuk memperbaiki kulit kaki yang rusak dan pecah-pecah, Anda juga bisa mencoba mengoleskan madu, minyak kelapa, minyak zaitun, atau lidah buaya pada kaki. Bahan-bahan alami tersebut memiliki kandungan aktif yang dapat mengurangi peradangan dan membantu melembapkan kulit.

Jika dirawat dengan baik, kulit kaki yang pecah-pecah akan membaik seiring waktu. Namun, apabila kaki masih saja pecah-pecah meski sudah melakukan beberapa cara di atas, maka Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokteruntuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sumber

https://www.alodokter.com/pelajari-cara-mengatasi-kaki-pecah-pecah-di-sini

Kulit telapak kaki memang pada dasarnya lebih kering daripada bagian kulit lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang mengeluh tumit kaki mereka kering dan kasar. Terlebih, tumit kaki yang kering juga mudah kapalan. Saat terus dipakai berjalan, tumit kaki yang kering nan tebal pun akan pecah merekah.

Selain itu, kulit kaki kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti diabetes, gangguan tiroid, hingga [psoriasis dan eksim. Orang lanjut usia juga lebih rentan mengalami kaki pecah-pecah karena faktor penuaan yang menyebabkan kulit jadi cenderung kering.

Kaki pecah-pecah tidak sedap dipandang mata. Tapi selain persoalan estetika, jika terus dibiarkan tanpa perawatan yang baik, kaki pecah-pecah dapat berubah menjadi mimpi terburuk Anda. Tak hanya akan terasa sakit saat berjalan, kaki pecah-pecah bisa berdarah dan menyebabkan infeksi serius.

1. Oleskan pelembab, kemudian bungkus dengan kaus kaki

Cari krim pelembap yang kental dan kaya, seperti shea butter, gel lidah buaya, atau petroleum jelly. Lumuri kaki yang bermasalah dengan pelembap pilihan tebal-tebal, setiap malam sebelum tidur. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk. Lakukan ini segera setelah mandi untuk hasil penyerapan terbaik.

2. Pijat dengan minyak

Pengobatan terbaik untuk tumit pecah-pecah adalah dengan memasok kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh kaki, sebanyak dan secepat mungkin. Tapi tidak semua pelembap bekerja sama baiknya. Minyak cenderung bekerja lebih baik daripada lotion karena lotion lebih cepat menyerap ke dalam kulit.

3. Lulur oatmeal

Lulur oatmeal telah digunakan selama ratusan tahun sebagai penyembuh iritasi dan peradangan kulit. Menggabungkan oatmeal dan minyak zaitun merupakan metode perawatan yang baik untuk penyembuhan kaki pecah-pecah.

Dalam wadah, aduk rata satu sendok makan oats kering dan satu sendok makan minyak zaitun (minyak almond juga ampuh!) hingga membentuk pasta. Lumuri kaki yang bermasalah dengan lulur oatmeal ini, biarkan meresap hingga setengah jam dan bilas bersih. Kemudian oleskan pelembap kulit. Lakukan lulur oatmeal setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

4. Masker alpukat pisang

Pisang adalah salah satu alternatif murah meriah terbaik untuk membantu menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat. Ambil satu buah pisang matang dan setengah alpukat, haluskan keduanya dan campur merata hingga menjadi pasta. Alpukat ditumbuk yang dicampur dengan minyak kelapa juga bekerja sama ampuhnya. Alpukat kaya akan beberapa minyak esensial, vitamin, dan lemak yang membantu memperbaiki kulit kering.

Balurkan pasta buah ini di daerah kaki yang bermasalah dan biarkan selama sekitar 10-20 menit. Anda juga bisa bungkus kaki yang berbalur masker dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalam suntuk demi mempercepat waktu penyembuhan.

Setelah maskeran kaki, bilas bersih kaki dengan air hangat suam kuku. Kemudian oleskan pelembap kulit. Tak apa untuk maskeran setiap dua hari sekali sampai gejala membaik.

5. Petroleum jelly dan air lemon

Pasta campuran dari petroleum jelly dan jus lemon dikatakan ampuh untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan instan. Pertama, rendam kaki dalam air hangat selama sekitar dua puluh menit dan pastikan benar-benar kering. Kemudian campurkan satu sendok teh Vaseline dengan tiga sendok teh jus lemon, aduk rata.

Gosokkan pasta ini di atas kaki yang bermasalah dan diamkan selama sekitar satu jam dan dapat membungkus kaki dengan kaus kaki dan biarkan menyerap semalaman. Pagi harinya, bilas bersih dengan air suam kuku dan jangan lupa oleskan pelembab. Lakukan ini setiap hari untuk melihat perubahan kaki yang jadi lebih lembut dan halus dalam waktu sekitar seminggu.

6. Masker tepung beras

Tekstur tepung beras yang bergerinjil kasar mampu mengelupas, membersihkan, dan menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral penting sehingga kulit terasa jadi lebih lembut dan halus. Ambil dua sampai tiga sendok makan tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel untuk meracik pasta kental. Jika kaki sangat kering dan pecah-pecah parah, dapat menambahkan satu sendok teh minyak zaitun atau minyak almond ke dalam ramuan. Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit, setelah dikeringkan, balurkan pasta di kaki yang bermasalah dan pijat dengan lembut untuk mengangkat lapisan kulit mati dan dapat menerapkan scrub kaki ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.