Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami?

ketombe

Ketombe itu sangat mengganggu aktivitas, apalagi saat menimbulkan rasa gatal yang tak kunjung henti. Menggunakan shampo anti kotembe merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Tetapi bagaimana cara alami sehingga dapat menghilangkan ketombe tersebut?

lidah buaya

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Jeruk nipis

image
Ilustrasi Merdeka.com/shutterstock/cerber82

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, yaitu :

  • Peras buah jeruk nipis
  • Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya
  • Oleskan pada rambut
  • Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala
  • Bilas dengan air bersih
Referensi

11 Cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen | merdeka.com