© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara menghilangkan kepedasan dengan efektif ?

menghilangkan rasa pedas

Makanan pedas merupakan salah satu daya tarik untuk meningkatkan selera makan kita, bahkan perkembangannya makanan pedas bukan hanya menjadi konsumsi orang dewasa, bahkan anak-anak pun ikut mengkonsumsi makanan pedas meski dalam skala yang lebih kecil. Bahkan makanan pedas membuat orang menjadi ketagihan. Bahkan ketika ada kemasan produk atau tempat kuliner yang menampilkan gambar cabe bisa menarik selera kita.

Bagaimana cara menghilangkan kepedesan dengan efektif?

Dengan cara mengkonsumsi susu. Kadungan lemak atau protein pada susu bisa menetralisir rasa pedas, jadi dengan mengkonsumsi susu, es krim, keju dan minuman lain yang mengandung susu bisa menghilangkan rasa pedas.

Pada dasarnya yang membuat rasa pedas di mulut adalah capsaicin, apabila rasa pedas itu berasal dari cabe. Capsaicin adalah minyak alami yang dihasilkan oleh cabe. Oleh karena itu, air putih tidak akan membantu anda dalam mengurangi rasa pedas yang ada di mulut, karena air dan minyak tidak akan pernah menyatu. Hal itu malah membuat capsaicin menyebar ke seluruh lidah anda.

Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa pedas di mulut atau lidah antara lain :

  • Susu - Satu teguk susu dingin atau satu sendok yogurt akan dapat mengurangi rasa pedas yang ada di mulut anda. Protein yang disebut kasein yang ada dalam susu membantu memecah capsaicin sehingga dapat menawarkan efek yang dihasilkan oleh capsaicin, yaitu rasa pedas di lidah.

  • Gula atau madu - Capsaicin yang berbasis minyak akan diserap oleh gula atau madu dan dengan demikian membantu Anda mengurangi rasa pedas. Makan gula dan madu secara langsung akan sangat membantu anda mengurangi rasa pedas yang ada di lidah.

  • Pati - Pati memberikan penghalang alami antara capsaicin dan lidah Anda serta menyerap sebagian capsaicin. Roti, nasi atau kentang dapat menjadi pilihan anda untuk mengurangi rasa pedas yang ada di lidah.

  • Tomat dan lemon - Keasaman makanan dapat dinetralkan dengan bahan makanan yang menagdung alkalin ini. Jeruk dan nanas juga memiliki sifat yang mirip. Minum Jus tomat atau jus lemon akan sangat membantu mengurangi rasa pedas.

Berikut adalah ilustrasi bahan-bahan makanan yang dapat anda gunakan untuk melawan rasa pedas apabila anda kepedasan suatu saat nanti