Bagaimana cara menghilangkan Kapalan?

Kapalan atau istilah medisnya disebut callus merupakan penebalan di daerah kulit bagian atas. Hal ini terjadi karena gesekan yang terus menerus, adanya tekanan pada permukaan kulit, ataupun iritasi. Normalnya, callus akan terbentuk di semua bagian kulit yang tergesek dalam jangka waktu yang lama. Sebagai contoh, callus yang timbul di jari-jari orang yang hobi bermain gitar karena sering tergesek senar gitar. Pada umumnya kapalan tidak berbahaya. Kalau telapak tangan kamu ada callus-nya barangkali memang karena ada gesekan terus-menerus di area tersebut.

Berikut langkah-langkah sederhana menghilangkan kapalan pada telapak kaki, tangan, jari-jari dan bagian kulit lainnya.

  1. Merendam dengan air hangat
    Langkah sederhana untuk menghilangkan kapalan yaitu dengan merendamnya dengan air hangat. Rendam kaki atau tangan yang kapalan dengan air hangat selama 20 menit, setelah itu anda gosok dengan air apung. Jangan sekali-sekali menggunting atau memotong kapalan dengan benda tajam, hal ini dapat menyebabkan infeksi. Lakukan cara ini setiap hari hingga kapalan benar-benar hilang.

  2. Mengunakan asam salisilat
    Jika cara diatas kurang efektif, anda bisa menggunakan asam salisilat. Asam salisilat memiliki sifat keratolitik yang berarti dapat melarutkan protein yang menyebabkan kapalan. Anda mendapatkan larutan asam salisilat pada apotek terdekat. Cara penggunaannya yaitu ambil kapas dengan luas sesuai permukaan kapalan. Cuci bersih kulit yang kapalan dengan sabun dan keringkan, tuangkan larutan asam salisilat pada kapas, kemudian tempelkan pada kulit yang kapalan, ingat hanya pada kulit yang kapalan saja. Hal ini dikarenakan jika terkena kulit normal akan terasa seperti terbakar. Tutup dengan plaster dan ganti kapas setelah mandi yaitu pagi dan sore hari.

Cara alami untuk menghilangkan kapalan
Selain 2 cara sederhana tersebut anda gunakan dapat menggunakan cara alami dengan bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar anda. Berikut cara alami yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kapalan.

  1. Bawang putih
    Bawang putih tidak hanya ampuh untuk menghilangkan jerawat saja. Bawang putih juga ampuh untuk mengatasi kapalan. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda haluskan bawang putih kemudian anda balurkan pada kulit yang kapalan. Diamkan selama semalam dan lakukan setiap hari hingga kapalan benar-benar hilang.

  2. Cengkeh dan lemon
    Kombinasi antara cengkeh dan lemon dapat mengikis kulit yang kapalan. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda camputkan cengkeh dengan air lemon dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit anda keluarkan cengkehnya dan gunakan air lemonya untuk anda usapkan pada kulit yang kapalan. Anda bisa melakukan beberapa kali dalam sehari.

  3. Lemon
    Jika anda tidak menemukan cengkeh anda juga bisa menggunakna lemon saja untuk menghilangkan kapalan pada kulit anda. Caranya sangat mudah sekali yaitu anda tempelkan kulit lemon pada kulit yang kapalan, kemudian anda plester dan diamkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini setiap hari hingga kapalan hilang.

  4. Baking soda
    Caranya berikutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Caranya yaitu anda campurkan baking soda dengan air hangat, lalu anda rendam kulit anda yang kapalan dengan air tersebut selam kurang lebih 15 menit atau 20 menit. Anda juga bisa menggosoknya dengan batu apung agar lebih maksimal.

  5. Getah bunga kamboja
    Bunga kamboja yang merupakan bunga hias, atau juga bunga yang sering kita jumpai diare apemakanan ini juga ampuh untuk mengatasi kulit kapalan. Banyak orang yang sudah membuktikannya. Caranya yaitu anda teteskan getah kamboja pada kulit yang kapalan. Namun cara ini bukan cara instan, jadi anda harus beberapa kali melakukan cara ini agar kapalan bisa hilang.

  6. Pepaya mentah
    Cara alami berikutnya yaitu dengan menggunakan pepaya mentah. Pepaya mentah mampu mengobati kulit yang kapalan, caranya yaitu anda haluskan pepaya mentah, kemudian anda oleskan pada kulit anda yang kapalan. Lakukan cara ini 3 kali sehari secara rutin maka kapalan akan hilang.

  7. Kentang
    Kentang kerap dijadikan sebagai masker kulit untuk mencerahkan kulit serta mengatasi jerawat. Kentang juga dapat kita gunakan untuk menghilangkan kapalan. Caranya yaitu anda parut kapalan hingga halus dan taburkan pada kulit yang kapalan, bungkus dengan kain bersih dan diamkan selama beberapa jam. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  8. Kopi
    Kopi juga dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi kulit kapalan. Caranya yaitu anda ambil sisa bekas kopi, kemudiann anda gosokan pada kulit anda yang kapalan dan biarkan kopi tersebut hingga mengering, baru anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali dalam sehari, maka kapalan akan hilang.

Sumber:
http://www.perawatankulitwajah212.com