Bagaimana cara menghilangkan gigi yang kuning?

gigi kuning

Bagaimana cara menghilangkan gigi yang kuning?

Gigi yang berwarna kekuningan disebakan oleh karena perubahan warna gigi. Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi.

Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi, dan perlu Anda ketahui bahwa merubah warna gigi menjadi lebih putih tidak dapat hanya dilakukan dengan menyikat gigi.

Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien, begitu pula dengan penggunaan pasta gigi whitening yang hasilnya tidak maksimal atau sesuai yang diharapkan.

https://www.infogigi.com/2120/cara-menghilangkan-tambalan-gigi-yang-kuning.html

Salah satu cara menghilangkan gigi kuning adalah dengan menggunakan kulit jeruk.

Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

Seperti yang diketahui, gigi sering menjadi berwarna kuning akibat dari kebiasaan makan yang tidak baik. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, lama kelamaan akan membuat gigi menjadi kuning dan tidak menarik lagi.

Beberapa cara memutihkan gigi yang layak dicoba.

1. Lemon

Lemon seperti kita ketahui adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi dengan kandungan antioksidan yang juga tinggi. Kita juga tahu betul bahwa vitamin C tersebutlah yang tak hanya bisa memutihkan dan mencerahkan kulit, tapi juga gigi yang kuning.

Caranya: Campurkan sesendok teh jus lemon dan sesendok teh air biasa yang kemudian bisa dijadikan sebagai ramuan yang digosokkan pada gigi Anda selama 1 menit. Setelahnya, pastikan untuk membilas bersih gigi dan mulut dengan air biasa, dan lanjutkan dengan menyikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi. Atau, bisa juga ramuan ini diaplikasikan pada gigi menggunakan jari tangan dan tinggalkan di sana sekitar 10 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih; lakukan cara perawatan ini paling tidak seminggu 2 kali.

2. Lemon dan Garam

Lemon yang dikombinasikan dengan garam ternyata juga berdampak baik untuk gigi yang kuning apapun penyebab gigi kuning yang dialami. Campuran ramuan ini pun bisa dijadikan sebagai pasta gigi alami.

Caranya: Campurkan 2-3 sendok teh jus lemon dan 1 sendok teh garam yang kemudian dijadikan pasta gigi. Tunggulah beberapa menit sebelum Anda bisa bilas dengan air sampai bersih. Atau, paka saja pasta gigi yang memang di dalamnya terkandung ekstrak lemon plus garam yang digunakan untuk menyikat gigi. Pengaplikasian cara perawatan ini bisa dilakukan seminggu 2 kali untuk memperoleh hasil paling baik.

3. Jus Lemon, Garam dan Minyak Mustard

Kombinasi bahan alami lainnya yang berbahan utama lemon adalah penggunaan jus lemon, minyak mustard, dan garam di mana minyak mustard sendiri terpercaya dalam hal menguatkan gigi, menjaga kesehatan gusi, serta mengurangi masalah bau mulut.

Caranya: Untuk gigi kuning, cukup campurkanlah 1 sendok teh garam, 1 sendok teh minyak mustard, dan jus lemon sebanyak 2 tetes sebelum kemudian diaplikasikan dan dipijatkan pada gigi selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan air biasa sebagai pembilas mulut dan gigi; lakukan cara perawatan ini setiap hari setiap sehabis proses menggosok gigi seperti biasa.

4. Minyak Lemon

Minyak lemon adalah contoh bahan alami lainnya berbahan dasar lemon yang bisa Anda andalkan ketika hendak mengatasi masalah gigi kuning yang mengganggu penampilan. Minyak lemon pun diketahui dan dipercaya betul berefektivitas tinggi dalam memutihkan gigi.

Caranya: Campurkanlah minyak kamomil dan minyak lemon masing-masing 3 tetes yang kemudian ditambahkan pada sekapsul arang aktif yang sudah dicampur dengan sesendok makan minyak kelapa. Larutan inilah yang bisa digunakan dengan memasukkannya ke dalam mulut, desirkan (bukan dikumurkan) selama 10 menitan dan buang sebelum kemudian Anda lanjutkan dengan menyikat gigi dengan pasta gigi biasa. Kumurlah dengan air biasa untuk membilas dan lakukan cara ini 1 minggu 1-2 kali.

5. Kulit Lemon

Tak hanya daging buah, jus atau ekstrak lemon yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gigi kuning, tapi bagian kulitnya pun dapat kita andalkan untuk memutihkan gigi secara alami.

Caranya: Kupaslah lebih dulu 1 buah lemon yang kemudian diaplikasikan pada gigi yang kuning dan digosokkan pelan-pelan pada gigi selama paling tidak 1-2 menit lamanya. Barulah selanjutnya bisa Anda bilas menggunakan air bersih. Atau cara alternatifnya yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pasta dari campuran air dan kulit jeruk yang diblender lalu digunakan untuk menggosok gigi; setelahnya dibilas dengan air bersih. Salah satu cara tersebut bisa dicoba dilakukan seminggu 3 kali agar dapat memberikan hasil sempurna.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-memutihkan-gigi-dengan-lemon

Mengatasi gigi kuning dapat dilakukan dengan menggunakan Baking soda. Berikut cara-cara memutihkan gigi dengan baking soda wajib dipraktikkan.

1. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Jadikan baking soda sebagai ramuan obat kumur yang dikombinasikan dengan hidrogen peroksida. Caranya cukup dengan mencampurkan 1 ½ sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok makan baking soda di dalam air dingin secukupnya. Setelah teraduk rata, gunakan sebagai obat kumur. Gunakan untuk berkumur sehari 2-3 kali dan buanglah, jangan sampai tertelan atau sengaja ditelan. Tak masalah juga bila hendak menambahkan baking soda ke dalam air dingin tanpa ada tambahkan hidrogen peroksida sebagai obat kumur. Setiap hari bisa Anda lakukan cara perawatan ini secara rutin sampai terlihat hasilnya.

2. Pasta Gigi dari Baking Soda

Dalam membuat pasta baking soda tidaklah begitu sulit karena Anda cukup mencampurkan baking soda sebanyak 1 sendok teh dengan air sedikit demi mendapatkan adonan pasta. Taruh pasta yang sudah jadi di atas sikat gigi Anda dan gunakan dengan cara menggosok gigi secara rata seminggu 3 kali saja. Atau, boleh saja bila Anda ingin mengaplikasikan baking soda ke gigi secara langsung dan tinggalkan di sana selama 2 menit lamanya. Barulah setelah itu gosok gigi Anda dengan sikat gigi sebelum akhirnya dibersihkan dengan berkumur menggunakan air biasa untuk membersihkan baking soda dari dalam mulut dan gigi Anda.

3. Baking Soda dan Pasta Gigi Biasa

Tak perlu sulit untuk menggunakan baking soda sebagai pemutih gigi yang ampuh, campurkan saja sesendok teh baking soda bersama dengan pasta gigi yang biasa Anda gunakan untuk menyikat gigi. Gunakan ramuan larutan ini seperti Anda menggosok gigi biasanya, sehari 2 kali untuk 3 hari pertama, barulah dilanjutkan seminggu sekali setelah itu secara rutin.

4. Baking Soda dan Minyak Pohon Teh

Berkandungan antijamur dan antibakteri, minyak pohon teh akan menjadi campuran baking soda yang ampuh dalam memutihkan gigi sekaligus mencegah gangguan kesehatan gigi dan gusi. Cukup campurkan sesendok makan baking soda dengan 2-4 tetes minyak pohon teh yang kemudian digunakan untuk menggosok gigi secara rutin.

5. Baking Soda dan Minyak Peppermint

Minyak peppermint juga merupakan sejenis minyak esensial yang sama seperti minyak pohon teh di mana bisa dijadikan kombinasi ampuh dalam memutihkan dan menyehatkan gigi bersama dengan baking soda. Cukup campurkan sesendok makan baking soda dan 2-4 tetes minyak peppermint yang kemudian digosokkan teratur pada gigi.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-memutihkan-gigi-dengan-baking-soda