Bagaimana cara menghilangkan gatal alergi?

Gatal disebabkan oleh beragam faktor. Jika gatalmu diakibatkan oleh alergi terhadap sesuatu maka penanganannya khusus. Gatal tidak akan reda bila alergi itu sendiri tidak ditangani. Obat untuk gatal alergi juga tak sama dengan gatal karena hal lain. Bagaimana cara menghilangkan gatal alergi?

Setelah yakin gatal disebabkan oleh alergi, maka kamu dapat mencoba cara mengilangkan gatal alergi berikut:

Hindari Menggaruk
Kulit yang gatal sebaiknya tidak digaruk. Berusahalah untuk tidak menggaruk kulit yang gatal. Saat tidur kemungkinan secara tidak sadar kamu akan menggaruk, maka dari itu sebaiknya gunting kukumu menjadi pendek untuk mengurangi peluang menimbulkan luka.

Konsumsi Antihistamin
Reaksi alergi muncul sebagai respon terhadap pengeluaran histamin (senyawa kimia dalam tubuh). Akibatnya gatal dan gejala lain hadir. Obat yang paling tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi antihistamin.

Gunakan krim Antigatal
Selain antihistamin, obat penghilang gatal alergi lainnya yaitu dengan menggunakan lotion hidrokortison. Obat ini sebenarnya tersedia dalam bentuk minum dan oles. Kamu bisa mendapatkannya dari apotek terdekat.

Manfaatkan Kompres Es
Gatal karena alergi juga dapat diredakan dengan Kompres air dingin yang akan membantu menenangkan ruam. Setelahnya, kamu harus mengeringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk.

Jauhi Alergen (Pemicu Reaksi Alergi)
Cara yang sudah sangat jelas dapat mengakhiri gatal-gatal akibat alergi, yaitu dengan menjauhi faktor pemicu alergi. Sebisa mungkin hindari berhubungan dengan alergen agar gatal cepat mereda dan tidak kambuh lagi.