Bagaimana cara menghilangkan busik kulit dengan mudah?

Apakah Anda pernah mengalami kulit yang sangat kering, saking keringnya, kulitnya jadi terlihat berkerak dan pecah-pecah seperti tanah tandus? Itu berarti Anda sedang terkena busik. Bagaimana cara menghilangkannya?

image

1. Air Hangat
Anda pasti mandi setiap hari, kan? Tapi, kalau kulit sedang busikan, ada baiknya jika Anda mandi air hangat. Cara menghilangkan busik yang satu ini sangat sederhana namun terbukti ampuh. Ingat, mandi air hangat, bukan air panas, ya.

Air hangat suam-suam kuku dapat menjaga kelembaban kulit tanpa menghilangkan kelembaban alaminya. Tapi, mandi air hangat juga tidak dianjurkan lama-lama, hanya sekitar 10 menit adalah waktu maksimalnya.

Jika Anda tak yakin bisa selesai mandi dalam waktu 10 menit, Anda bisa mengompreskan handuk atau waslap yang sudah dicelupkan air hangat pada area kulit yang busikan. Anda bisa sambil menggosok area kulit tersebut agar sisa kulit keringnya terangkat. Gunakan waslap baru setiap kali melakukan langkah ini. Jadi, habis pakai langsung Anda cuci lagi waslapnya.

2. Moisturizing Soap
Sabun mandi ada bermacam-macam jenisnya. Ada sabun untuk memutihkan kulit (sabun kecantikan), sabun untuk kulit yang super bersih (anti-septic soap), dan ada juga sabun untuk melembabkan kulit (moisturizing soap). Jika kulit Anda busikan, mungkin saja karena sabun mandi yang Anda gunakan terlalu keras buat kulit Anda. Ciri-ciri sabun yang tidak cocok dengan kulit adalah kulit akan terasa kencang seperti ditarik.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, hindari sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate, karena zat tersebut akan menyedot kelembaban kulit. Sebaliknya, pilihlah produk sabun yang bebas dari pewangi dan pewarna. Untuk jelasnya, pilih sabun yang ada titel “moisturizing”-nya. Hal yang sama berlaku untuk sabun pencuci wajah dan sampo juga karena busikan bisa terjadi di mana saja, baik itu di tangan, di kaki, di wajah, di leher, hingga di kulit kepala.

3. Mandi Susu
Mandi susu merupakan rahasia kecantikan Cleopatra. Tapi, Anda tidak perlu menjadi ratu untuk merasakan perawatan kulit mandi susu, karena di salon dan spa juga banyak yang menyediakannya. Dengan mandi susu, kulit Anda akan jadi sangat lembab dan lembut. Hal ini dikarenakan kandungan lemak dan asam laktat pada susu yang dapat memberikan kelembaban pada kulit kita.

Tidak harus dengan berendam atau mandi susu, Anda bisa juga mengompreskan area kulit yang busik dengan waslap yang sudah direndam dalam susu. Diamkan waslap pada kulit selama sekitar 10 menit. Setelah itu, gosok area kulit tersebut agar kulit matinya terangkat.

4. Lotion Khusus
Busik merupakan penyakit yang wajar dan pernah dialami oleh hampir semua orang. Makanya, banyak sekali produk lotion khusus untuk mengobati busik. Setiap sehabis mandi, balurkan lotion khusus ini pada kulit yang busik.

Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan hand body yang sangat melembabkan. Ciri-ciri lotion yang melembabkan adalah dengan adanya kandungan shea butter, asam stearat, ceramides, gliserin, asam laktat, dan non-komedo genik.

Guna pelembab atau lotion ini adalah untuk mengangkat lapisan kulit teratas yang kering dan bersisik, melembabkan kulit, mendorong sel kulit baru untuk tumbuh, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengulangi penggunaan lotion ini beberapa kali dalam sehari jika Anda merasa kulit sudah terasa kering kembali.

Sumber: