Bagaimana Cara menghilangkan bau musang Paling ampuh?

image

Bau pada musang sering sekali menjadi kendala para pecinta musang saat memelihara musang, hal ini memang wajar sebab seperti yang kita ketahui sebelumnya musang memiliki bau yang tidak sedap karena memiliki kelenjar bau tersendiri pada bagian tubuhnya, seperti musang pandan , musang biul , musang rase memiliki bau yang berbeda beda dan khas, sebut saja musang pandan yang memiliki bau seperti daun pandan dan musang biul serta musang rase yang memiliki bau seperti air seni dan sepat.

Pada ilmu kedokteran cara menghilangkan bau musang dapat dilakukan dengan operasi dan pengambilan kelenjar bau yang ada pada musang, akan tetapi hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga para owner musang memilih jalan lain untuk menghilangkan bau pada musang tanpa harus melalui jalan operasi, pada kesempatan kali ini admin akan membagigan tips dan cara menghilangkan bau pada musang namun tidak dapat dikategorikan sebagai alami yah.

Cara menghilangkan bau musang

  1. Menggunakan shampoo saat memandikan musang
    Dengan menggunakan shampoo pada saat memandikan musang akan membuat bau pada musang tidak akan setajam dan menyengat hal ini karena shaphoo biasanya memiliki aroma yang harum sehingga bau pada musang akan tidak terlalu menyengat di hidung.

  2. Menggunakn Parfume
    Dengan parfume yang disemprotkan ke badan musang akan membuat bau hilang namun tidak secara permanen, akan tetapi cara ini cocok digunakan untuk menghilangkan bau pada musang sementara, namun jangan terlalu banyak agar tidak terjadi iritasi pada musang nantinya.

  3. Memberikan Parfum khusus bayi
    Menyemprotkan parfum khusus bayi pada bulu musang dan badan musang akan dapat mengurangi bai menyengat dari badan musang, namun tetap jangan terlalu banyak agar musang nyaman dengan bau tersebut.

Anda dapat melakukan hal tersebut ketika bau musang mulai muncul , namun selalu perhatikan kebersihan musang jangan sampai sisa shamphoo dan parfum melekat sangat lama pada musang jika bisa seringlah memandikan musang agar tidak terjadi iritasi pada kulit musang, salam Pecinta Musang.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau alami musang atau mengurangi bau musang diantaranya dengan mengangkat kelenjar bau atau ‘menonaktifkan’ kelenjar bau dengan cara-cara khusus akan tetapi proses ini membutuhkan biaya yang mahal. Pengangkatan kelenjar pada suatu hewan harus dilakukan melalui operasi yang tentu harus dilakukan oleh dokter bedah hewan yang sudah berpengalaman.

Terdapat cara manual untuk menghilangkan bau pada musang yaitu dengan beberapa cara seperti dibawah ini :

1. Memandikan musang

Cara pertama untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan memandikannya. Mandikan musang biul dengan menggunakan shampo khusus yang dapat dilakukan tiga bulan sekali. Karena memandikan musang terlalu sering tidak baik untuk musang. Jika bau musang biul mulai menusuk hidung, maka musang biul harus dijemur sambil diangin-anginkan setelah dimandikan untuk mengurangi

2. Membersihkan Baki

Cara kedua dalam mengurangi bau musang adalah dengan rutin membersihkan bak yang terdapat pada kandang musang. Hal ini dilakukan karena bak menyebabkan aroma yang tidak sedap apabila terdapat kotoran yang menumpuk.

3. Memberi makanan non protein

Cara ketiga untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan tidak memberikan makanan non-protein seperti kepala ayam rebus atau daging-dagingan kepada musang biul. Musang biul dapat diberi potongan buah seperti pepaya dan pisang sebagai makanan agar baunya sedikit berkurang. Berikan juga air minum berupa air mineral sebagai minumannya.

4. Memberi parfum khusus

Cara keempat untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan memberikan beberapa parfum khusus kepada musang. Sebaiknya, sebelum memberi parfum bayi ke seluruh tubuh musang. Caranya dengan cara menuangkannya sedikit ke bagian kulit. Kemudian didiamkan selama 15 menit, lalu melihat reaksinya alergi di kulit musang atau tidak. Kalau tidak ada, bisa langsung memakaikan parfum bayi untuk musang. Jika ada reaksi alergi, sebaiknya segera bersihkan bagian kulit musang tersebut dengan air hingga bersih.

5. Menjaga kebersihan kandang

Cara kelima untuk mengurangi bau musang biul adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Cara ini juga efektif dalam mengurangi bau musang biul. Kandang yang kurang terjaga kebersihannya akan membuat bau menyengat muncul dari kotoran musang biul. Kandang musang biul harus dibersihkan minimal 3 hari sekali. Selain itu, juga bisa menyemprotkan pengharum ruangan di ruangan tempat kandang musang biul ditaruh.