Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Jengkol?

Berikut merupakan ilustrasi buah Jengkol images

Direndam dengan Air Larutan Kapur Sirih
Punya kapur sirih di rumah? Coba larutkan dengan air secukupnya, lalu rendam jengkol dalam larutan tersebut selama semalaman. Ketika akan diolah, cuci bersih dulu jengkol baru dimasak.

Direbus dengan Daun Salam
Siapkan air, lalu didihkan. Lalu, masukkan beberapa lembar daun salam dan jengkol bersamaan. Cara ini diyakini bisa cukup ampuh untung mengatasi bau jengkol yang menyengat.

Direbus dengan Air dan Abu Cuci Piring Dapur
Abu cuci piring juga bisa dimanfaatkan. Caranya rebus air dengan abu dapur secukupnya dan masukkan jengkol. Setelah dididihkan, pindahkan jengkol ke dalam air dingin bersih, lalu rendam sehari semalam.

Direbus dengan Air dan Daun Jeruk Purut
Daun jeruk purut diyakini bisa menetralisir bau jengkol. Caranya mudah, siapkan daun jeruk perut yang sudah diiris, lalu masukkan dalam rebusan jengkol.

Direbus dengan Air Daun Jambu Kelutuk
Rebus jengkol dengan air dan tambahan beberapa lembar daun jambu kelutuk. Rebus hingga mendidih, lalu bilas dengan air bersih untuk kemudian diolah.

terima kasih mbak putriii sudah membantu menjawab pertanyaan saya! have a nice day mbak :slight_smile: @putririzkiu

Pilih Jengkol yang Tepat
Agar mendapatkan hidangan jengkol yang enak dan lezat, maka disarankan untuk memilih jengkol yang berkualitas dan sudah tua. Karena jengkol yang masih muda akan menghasilkan hidangan yang kurang nikmat.

Rendam Jengkol
Agar jengkol tidak bau, maka merendam jengkol di dalam air dapat membantu mengurangi bau yang tidak sedap pada jengkol. Serta mampu menetralisir racun yang dikandungnya. Untuk hasil terbaik, anda bisa merendam jengkol dengan menggunakan air es atau air dingin. Selain itu, anda juga bisa merendamnya dengan menggunakan air kapur sirih. Rendam jengkol selama semalaman agar baunya benar-benar hilang. Cara ini tidak akan menghilangkan kenikmatan dari jengkol.

Rebus jengkol dengan bahan tertentu
Setelah dilakukan perendaman selama semalam, untuk menetralisir bau yang menyengat maka anda bisa merebus jengkol bersama dengan bahan-bahan lainnya. Salah satu bahan yang dapat membantu menetralisir bau jengkol yaitu daun jeruk purut. Caranya cukup mudah, iris daun jeruk purut yang sudah anda siapkan. Setelah itu, masukan irisan daun jeruk purut tersebut pada rebusan jengkol.

Selain daun jeruk purut, anda juga bisa merebus jengkol bersama dengan daun jambu biji. Selain menghilangkan bau jengkol, merebus jengkol dengan menggunakan daun jambu biji juga akan membuat jengkol lebih cepat empuk dan lunak. Jika sudah dilakukan perebusan, anda bisa membuang air bekas rebusannya tersebut. Dengan cara ini, racun-racun yang terkandung di dalam jengkol akan hilang.

Lakukan teknik merebus yang tepat
Pada saat anda merebus jengkol, maka sebaiknya anda memperhatikan teknik yang benar agar hasil rebusan jengkol sempurna. Ketika merebusnya usahakan jangan terlalu matang. Karena jika terlalu matang, ketika dipipihkan atau dimasak jengkol akan menjadi cepat hancur. Memipihkan jengkol sebelum dimasak bertujuan agar bumbu cepat meresap ke dalam sehingga hidangan jengkol akan semakin lezat. Jika sudah beres, anda bisa mengolah jengkol sesuai selera anda.

Referensi: