© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan ?

Kandungan ikan yang sangat baik untuk tubuh ini bagi beberapa orang terabaikan karena mereka tidak suka mengkonsumsi ikan dengan alasan ikan memiliki bau amis yang kuat. Meski memiliki bau amis, ikan memiliki rasa dan teksture yang enak untuk dikonsumsi. Namun bagi anda yang tidak suka bau amis ikan kita bisa menghilangkan bau amis tersebut dengan beberapa cara yang bisa kita lakukan.

Bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan ?

Sebenarnya ikan tidak berbau amis ketika baru ditangkap, dan ketika dagingnya masih benar-benar segar. Beberapa jam setelah ditangkap dari air, ikan tidak mengeluarkan bau amis.

Kenapa ikan bisa mengeluarkan bau amis ?

Karena ikan memiliki kebiasaan menyantap ikan-ikan yang lebih kecil. Oleh sebab itu, mereka dilengkapi dengan enzim-enzim pencernaan yang efektif sekali untuk mencerna daging ikan. Ketika ikan ditangkap dan enzim ini keluar dari usus akibat penanganan yang kasar, maka enzim tersebut mengurai daging ikan itu sendiri. Itu sebabnya, ikan yang isi perutnya telah dibersihkan akan lebih tahan lama daripada yang masih utuh. Maka dari itu jika anda membeli ikan segera bersihkan isi perutnya agar tidak cepat mengurai dan berbau amis.

Selain itu, aroma atau bau amis ikan mulai muncul setelah ikan mulai mengurai. Bau amis ikan berasal dari hasil penguraian (dekomposisi), terutama amonia, berbagai senyawa belerang dan bahan kimia bernama amina yang berasal dari hasil penguraian asam-asam amino.

Amonia memiliki pH sekitar 11,5 yang artinya bersifat basa, oleh sebab itu banyak orang yang menggunakan irisan buah lemon atau jeruk yang mengandung asam sitrat atau menggunakan larutan cuka (asam asetat) untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan.