Bagaimana cara menghasilkan foto portrait (portraiture) yang baik?

foto portrait

Fotografi portrait atau portraiture adalah fotografi dari seorang tokoh atau sekelompok orang yang menyimpan ekspresi, kepribadian dan perasaan dari subyek tersebut. Seperti jenis potret lainnya, fokus dari fotografi tersebut biasanya wajah orang tersebut, meskipun seluruh bagian tubuh dan latar belakang atau konteks juga dapat dimasukkan.

Bagaimana cara menghasilkan foto portrait (portraiture) yang baik ?

Berikut ini beberapa panduan umum berdasarkan duke.edu untuk mengambil potret yang baik:

  1. Gunakan focal length lebih panjang bukan yang pendek (tele bukan wide angle). Ini akan membuat wajah subjek Anda lebih natural dan tidak terlihat bulat.

  2. Gunakan bukaan lebar untuk kedalaman bidang yang dangkal (shallow depth of field). Ini akan memusatkan perhatian pada subjek Anda dan bukan latar belakang Anda. Karena background Anda akan menjadi blur

  3. Hindari background yang mengganggu.

  4. Usahakan untuk mendapatkan pencahayaan alami (dari sinar matahari). Jika Anda tidak dapat menggunakan cahaya alami, gunakan lampu studio atau beberapa flash atau bounce flash.

  5. Hindari mengambil gambar di mana bagian wajah subjek Anda dalam bayangan (harsh shadow)

  6. Hindari menggunakan satu flash yang menyembur langsung ke muka subjek. Ini akan menciptakan bayangan kasar pada subjek area di belakang subjek.