Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain?

menghargai orang lain

Jika anda ingin belajar menghargai orang lain, berikut ada beberapa tips cara menghargai orang lain yang dapat terapkan.

  1. Bersikap Ramah
    cara menghormati setiap orang baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Jika anda bersikap ramah terhadap orang lain maka orang lain juga akan menunjukkan sikap bersahabat kepada anda.

  2. Bersikap Adil
    Bersikap adil kepada semua orang membuat setiap orang merasa dihargai dan diperlukan setara. Setiap orang ingin diperlakukan dengan adil. Jika seseorang merasa diperlakukan tidak adil, ia akan cenderung memberikan respek buruk.

  3. Jangan Menghina atau Mengejek
    Menghargai orang lain berarti tidak merendahkan derajatnya di depan umum. Menghina atau mengejek orang lain dapat membuat ia sakit hati. Hindari menggunakan kata-kata yang menyakiti perasaan orang lain.

  4. Hormati Pendapat Orang
    Mendengarkan adalah sebuah penghargaan. Setiap orang ingin dihargai saat ia berbicara atau mengemukakan pendapat. Dengarkan dan hormati pembicaraan orang lain sekalipun anda tidak sependapat. Berikan pendapat anda jika diminta.

  5. Berikan Dukungan
    Anda dapat memberikan dukungan secara moril jika anda setuju terhadap perbuatan baik atau ajakan baik seseorang. Hal ini membuat seseorang yang telah berusaha berbuat baik merasa dihargai.

  6. Perhatikan Kesukaan dan Ketidaksukaan Orang
    Mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan seseorang membantu anda untuk menghargainya dan menghindarkan anda berbuat sesuatu yang membuatnya tidak senang, baik secara sengaja maupun tidak.

  7. Jangan Menyindir
    Hargai orang lain dengan tidak mengungkit keburukannya, meskipun anda tidak menyebutkan namanya. Menyindir adalah membicarakan dengan sengaja tentang keburukan seseorang secara tidak langsung. Bagi orang yang merasa disindir, sindiran sama saja dengan penghinaan yang merendahkan dirinya.

  8. Jangan Membicarakan Kejelekan Orang
    Menghargai orang lain adalah menyembunyikan kekurangannya. Membicarakan kejelekan orang lain di belakangnya dapat menjatuhkan wibawanya. Hindari menggunjing orang lain, ingatlah akan kekurangan diri anda sendiri sebelum membicarakan kekurangan orang lain.

  9. Sensitif terhadap Perasaan Orang
    Adakalanya pembicaraan atau perbuatan anda dapat menyinggung perasaan orang lain meskipun anda tidak bermaksud demikian. Berlaku sensitif terhadap perasan orang lain menghindarkan anda untuk membicarakan atau berbuat sesuatu yang tidak menyenangkan bagi orang lain.

  10. Jangan Memaksa
    Menghargai orang lain adalah menghormati hak asasinya. Hindari memaksa atau melakukan intimidasi terhadap orang lain agar melakukan sesuatu yang diluar wewenang anda.

2 Likes

Hal yang mendasari/melandasi seorang harus menghargai orang lain adalah kesadaran sosial.
Kesadaran sosial artinya bahwa setiap manusia harus benar-benar mengerti dan sadar bahwa setiap orang pasti saling membutuhkan dan saling melengkapi.

Oleh karena itu, agar seseorang mau mengharagai orang lain harus benar benar menyadari kedudukannya sebagai makhluk sosial.

Setiap orang tidak mungkin bisa hidup sendiri. Dari mulai lahir ke dunia ini, dari sejak itu juga seseorang membutuhkan orang lain yaitu orangtua dan lainnya. Oleh sebab itu, manusia sungguh saling membutuhkan untuk kebahagiaan dan kesempurnaan. Kebahagiaan dan kesempurnaan tidak akan lengkap tanpa kehadiran orang lain dalan kehidupan.

Ruman dkk (2013:11) mengatakan:

“Manusia bukan hanya individu, melainkan pada saat yang sama manusia juga adalah sosial. Bahkan sosialitas manusia menjadi juga hakekat dasar manusia. Manusia tidak dapat hidup tanpa orang lain.”

Karl Max (Purdue, 1986:312) mengemukakan:

“Sociability merupakan salah satu hakikat dasar dari manusia. Sosiabilitas manusia tidak hanya dikaitkan dalam konteks kerja sama untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun lebih dari sekedar kerja sama, manusia hanya dapat berkembang sebagai pribadi dalam kebersamaan dengan orang lain.” Laki-laki membutuhkan perempuan, demikian juga sebaliknya.

Anak-anak membutuhkan orang tua demikian juga sebaliknya. Ketika seorang sudah menjadi tua, sekuat dan sehebat apapun dia ketika masih muda tetap pada masa tuanya membutuhkan anak dan orang lain.

Ketika seorang sakit juga membutuhkan dokter. Bahkan seorang presiden sekalipun membutuhkan tukang cukur dan tukang urut. Itulah roda kehidupan, yang saling memberi dan menerima. Ada kalanya seorang memberi pertolongan dan ada kalanya seorang menerima pertolongan. Karena itu mari sungguh-sungguh menyadari hal ini, bahwa manusia saling membutuhkan.

Setiap orang harus sadar bawa dirinya adalah makhluk sosial yang punya tanggung jawab sosial, baik terhadap lingkungan maupun terhadap sesama. Tanggung jawab sosial terhadap sesama antara lain yaitu melindungi, menghargai, memajukan, dan lain lain. Oleh karena itu jika dilihat dari segi tanggung jawab sosial, sudah seharusnya setiap orang menghargai orang lain dan memperlakukannya dengan baik.

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar seseorang dapat dan makin menghargai orang lain,
yaitu:

  • Menerima diri apa adannya dan bersyukur kepada Tuhan, Sang pemberi kehidupan;
  • Membiasakan diri untuk selalu hidup baik di mana pun dan kapan pun;
  • Hidup dalam kasih agar selalu menebarkan kasih dan penghargaan kepada sesama;
  • Membuang sikap mementingkan diri sendiri;
  • Mengingat selalu bahwa makhluk sosial (yang saling membutuhkan) dan punya tanggung jawab sosial untuk melindungi dan menghargai orang lain;
  • Menjalankan agama dengan penuh ketaatan kepada Tuhan dan penghargaan kepada sesama;
  • Membuang segala pikiran negatif (jahat) dan prasangka berlebihan (buruk) terhadap sesama;
  • Tidak bersikap dan bertindak diskriminatif kepada siapa pun;

Kunci memperlakukan orang lain dengan sikap menghargai adalah dengan memperlakukan mereka sebagai mana Anda ingin orang lain memperlakukan Anda. Ketika berurusan dengan orang yang sulit, temukan alasan atau masalah dibalik perlakuan mereka yang tidak menghargai Anda. Maka Anda akan dapat menguasai situasi kemudian memperlakukan mereka dengan baik.

Selain cara tersebut, berikut adalah cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menghargai orang lain, diambil dari website cintalia :

  1. Akui nilai intrinsik orang lain sebagai manusia
    Mengabaikan nilai dasar seseorang sebagai manusia adalah tindakan yang berhubungan erat dengan tindak rasisme, pelecehan seksual, dan tindakan lain yang merendahkan. Pada remaja, sering kali tindakan tidak menghargai ini berujung pada kenakalan anak jaman sekarang seperti kejahatan seksual dan perpeloncoan di lingkungan sekolah. Pahami bahwa setiap manusia memiliki arti tidak peduli siapa pun dan Anda patut mengakuinya.

  2. Akui otonomi pribadi orang lain
    Mengakui otonomi pribadi orang lain berarti mengijinkan mereka ruang untuk mempraktikkan cara membuat keputusan sendiri dan memercayai pilihannya tersebut. Tentu saja Anda dapat menawarkan bantuan atau memberi nasehat tetapi pada akhirnya setiap orang harus tahu cara mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.

  3. Hargai ide dan gagasan orang lain
    Menghargai ide dan gagasan orang lain berarti Anda mendengarkan ide, opini, dan nasehat orang lain dengan pikiran terbuka. Bahkan jika Anda tidak setuju dengan mereka, dengarkan apa yang mereka pikirkan dan mereka pedulikan.
    Menghargai adalah cara mengekspresikan perasaan kita terhadap orang lain secara tidak langsung. Tindakan tersebut adalah bentuk komunikasi nonlisan yang dapat membangun hubungan yang kokoh antara orang yang saling menghargai. Ketika seseorang menghargai orang lain maka itu berarti orang tersebut menghormati orang yang ia hargai. Saran-saran dan nasehatnya penting bagi orang tersebut.

  4. Pertimbangkan bahwa orang lain sama bernilainya seperti Anda
    Penting untuk mengingat bahwa setiap individu sama berharganya seperti Anda dan Anda harus menghargai mereka sebagaimana Anda ingin mereka menghargai Anda. Ini artinya Anda tidak seharusnya melakukan sesuatu yang Anda tidak ingin orang lain lakukan terhadap Anda

  5. Hargai diri sendiri
    Karena Anda ingin orang lain menghargai Anda sebelum itu penting untuk tahu cara meningkatkan keyakinan diri agar Anda mampu memandang diri Anda sendiri sebagai pribadi yang sama berharganya seperti orang lain. Dengan mengetahui cara agar percaya diri, berarti Anda memberi diri Anda penghargaan yang ingin Anda berikan pada orang lain.

  6. Jadilah pendengar yang baik
    Ciri-ciri teman yang baik dan tulus salah satunya adalah dengan cara memberikan motivasi pada teman yang sedang membutuhkan. Namun tidak selamanya Anda harus memberi nasehat dan membantunya menyelesaikan masalah. Terkadang yang mereka butuhkan hanyalah seseorang untuk mendengarkan. Jaga kontak mata dengan orang lain ketika mereka sedang bicara dan perhatikan apa yang mereka bicarakan. Jika perlu matika ponsel Anda atau ubah ke dalam mode silent untuk menghindari gangguan ketika sedang mengobrol.

  7. Jangan mencampuri waktu dan privasi orang lain
    Berkaitan dengan poin 2, tidak selamanya Anda dapat ikut campur dalam hidup orang lain terutama privasinya. Meski Anda bisa melakukan sesuatu untuk menolong teman Anda yang tentang cara memilih pendamping hidup yang baik atau sedang memiliki masalah keluarga, Anda tidak bisa begitu saja mencampuri tindakan, gagasan, dan privasinya karena mungkin ia memiliki cara mengatasi masalah keluarga sendiri. Selain itu pahamilah bahwa setiap orang memiliki waktunya yang pribadi sebagai cara membahagiakan diri sendiri. Berhati-hatilah untuk tidak mengganggu atau menyela ketika seseorang sedang melakukan sesuatu seorang diri.

  8. Bersikap sopan santun
    Menerapkan sikap sopan santun dan menanamkannya sebetulnya sangat sederhana. Mengatakan ‘terima kasih’, ‘tolong’, dan ‘maaf’ sebenarnya sudah mencerminkan kesopanan Anda. Sopan santun ini juga menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan usaha orang lain membantu Anda dan itu akan membuat mereka merasa dihargai. Contoh lain sikap sopan santun adalah tidak menyela pembicaraan. Jika Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan, tunggulah waktu yang tepat untuk menyela.

Saya setuju dengan apa yang anda tuliskan. lebih penting lagi kita dapat menghargai pilihan yang orang lain ambil dan jangan mudah untuk mendjudget mereka.