Bagaimana Cara Menghadapi Rasa Stres Akibat Mertua Sering Menuntut?

stres karena mertua

kesulitan dalam mengelola stress, yang salah satunya disebabkan oleh permasalahan rumah tangga. salah satunya adalah tuntutan mertua, lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Berbicara Dari Hati Ke Hati Dengan Suami atau istri
ada baiknya secara terbuka menyampaikan apa yang menjadi ganjalan. Tentu dengan cara dan kalimat yang tidak menuntut, menyalahkan ataupun menyudutkan pihak-pihak tertentu.
coba untuk menempatkan dengan kondisi yang sedang dialami suami. Dengan tujuan bisa lebih mengetahui cara seperti apa yang nyaman untuk menyampaikan keluhan-keluhan.

Menjalin Keakraban Dengan Mertua
coba terlebih dahulu untuk lebih banyak merangkul mertua, memahaminya lebih mendalam. Cara ini diharapkan dapat mempererat hubungan batin/psikologis antara anda dan mertua, sehingga lebih jauh harapan maupun kesulitanpun dapat lebih dipahami oleh mertua.

Terkait stress yang anda rasakan, bisa jadi lebih banyak disebabkan oleh belum ditemukannya cara untuk menyampaikan keinginan, harapan, kondisi, kendala yang anda hadapi sebagai seorang istri kepada suaminya atau sebaliknya. Sehingga dorongan-dorongan tersebut anda pendam sendiri.

Namun di sisi lain melihat pasangan anda memberikan perhatian dan memfasilitasi kebutuhan orang lain seperti mertua dan saudaranya. Adanya pemikiran pribadi yang negatif turut memperparah kondisi stress yang anda alami.

Maka dari itu, yang pertama perlu kita coba adalah meningkatkan komunikasi dengan suami atau istri. Mulailah pembicaraan bukan dengan keluhan tapi lebih pada dukungan, perhatian dan rasa terima kasih .