Bagaimana Cara Menghadapi Hidup yang Dirasa Sulit?

Hidup kadangkala tidak seindah cerita dongeng. Siap atau tidak masalah dapat menerpa kehidupan kapan saja. Hidup akan terasa sangat sulit ketika sedang mengalami hal tersebut. Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, pekerjaan tidak dapat terselesaikan dengan baik, dan gangguan-gangguan dalam menjalankan kehidupan lainnya. Namun, hal itu tidak bisa terus terjadi karena kehidupan akan terus berjalan. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menjalani kehidupan disaat hidup terasa sangat sulit?

Bersyukur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan ketika berada dikondisi yang tidak kita inginkan. ada kalanya kehidupan yang tidak kita inginkan merupakan hal yang paling dinginkan oleh orang lain. setiap orang pasti memiliki masalah dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. tuhan memberikan kita masalah atau keadaan yang tidak kita inginkan sesuai dengan kemampuan kita. kita harus yakin bahwa kita bisa melewatinya karena hanya kita yang diberikan yang seperti itu karena kita mampu.

lalu, selalu melihat kondisi kehidupan orang lain yang berada jauh dibawah kita. mereka bisa melewatinya setiap hari bahkan kehidupan yang sangat sulit sekalipun. mereka bisa melewatinya, mengapa kita yang baru sebentar mendapatkan kesulitan sudah menyerah dengan keadaan? tataplah sadar bahwa masih ada orang yang memiliki kehidupan yang lebih sulit dari kita tapi mereka jarang mengeluh dan tetap berusaha melewatinya walaupun tak jarang menguras air mata.

dan yang terakhir jangan lupa beribadah kepada tuhan yang telah memberikan kehidupan kepada kita. aku ingat satu kalimat “Jika kamu masih merasakan kesedihan ataupun kesulitan, berarti kisahmu belum selesai.” Semua akan berakhir dengan kebahagiaan. seperti diakhirat yang ada sura sebagai pelabuhan terakhir. jadi, jangan menyerah dengan keadaan sulit yang dilewati saat ini. Semangat!!

Yang namanya kehidupan pasti tidak melulu berjalan lancar. Ada kalanya saat kita merasa jatuh dan terpuruk dalam suatu keadaan hingga akhirnya membuat kita bersedih. Perasaan sedih yang terus dibiarkan akan menjadi bibit dari penyakit.

Kita bisa jadi merasa paling tidak beruntung, merasa hidup ini tidak adil sampai gak kita sadari bahwa selama ini kita hanya mengeluh, kebiasaan buruk yang hanya bisa memperkeruh suasana.

Padahal dalam hidup ini pastinya bukan kamu seorang lho yang merasakan berbagai kesulitan dalam menjalani hidup. Setiap orang mengalami proses ini. Hanya saja setiap orang memiliki porsi masing-masing pula dalam masalah hidupnya.

Dengan melakukan selfreminder seperti ini kamu akan jauh menikmati serta mensyukuri nikmat yang ada!

  • Tidak membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.
  • Bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang.
  • Kita bisa menciptakan kebahagiaan dibanding sebuah keluhan.
  • Ingat bahwa kesulitan yang kita hadapi saat ini tidak sebanding dengan mereka yang serba kekurangan.
  • Kesulitan yang kita alami adalah bukti bahwa kita mampu dan kuat untuk melewati semuanya.

Caranya, adalah dengan menikmati hidup sesuai dengan versi kamu, dengan kemampuan yang kamu miliki, dan semua hal yang kamu percayai. Di dunia ini, setiap individu memiliki perbedaan, mulai dari fisik, mental, materi dan lainnya. Sehigga cara yang tepat untuk menghadapi ‘hidup yang sulit’ adalah dengan menjalaninya sesuai dengan segala kemampuan yang kamu miliki. Tidak apa untuk menjadi lemah dimata orang lain, jika memang kita begitu adanya, tidak apa dikatakan pecundang, jika memang kita mampunya seperti itu, yang tau dirimu dan hidupmu hanyalah dirimu sendiri, bukan orang lain.

Satu hal yang selalu saya tanamkan dalam diri saat saya sedang benar-benar merasa bahwa hidup ini pedih atau segala rasa negatif lainnya yaitu “jika tuhan percaya saya bisa, jika tuhan masih menyediakan cerita untuk saya di hari esok, maka saya akan hadapi hari ini dengan apa yang saya bisa hanya untuk tuhan dan diri saya sendiri”.

Percayalah bahwa hidup adalah tentang gelap dan terang, tidak mungkin kita hidup hanya dengan rasa senang, tawa bahagia, maka karena keduanya ada, saat gelap datang menghampiri, percaya terang akan datang setelahnya. dan belajarlah untuk selalu hidup sesuai dengan kemampuan mu, tidak mengikuti standar dan ingin oranglain, maka hidupmu akan terasa jauh lebih ringan dan perasaan bahwa ‘hidup ini sulit’ akan jarang dirasakan. Karena kita selalu menikmati hidup dengan segala yang terjadi didalamnya, tidak mudah menghakimi dan berperasaan bahwa oh ini mudah, ini sulit, tinggal kita jalani saja lalu hasilnya biar tuhan yang menentukan.

Mungkin ini akan terdengar cliche, namun bagaimanapun keadaan kehidupan kita, harus tetap dijalani dan nikmati. Saat masa sulit sekalipun. Dan selalu percaya, bahwa kesulitan/masalah yang kita hadapi pasti memiliki tujuan yang baik untuk kita akhirnya. Juga selalu ingat, bahwa hidup ini tidak selalu soal bahagia. Namun pasti ada masalah/kesulitan.
Jadi, jika hidup terasa sulit, ada baiknya kita tetap hadapi dan nikmati. Bukan hanya diratapi. Juga, jangan lupa berdoa dan berusaha. Niscaya, Tuhan beri jalan. Semangat! :blush:

Kalau aku biasanya dengan mengingat Surat Al-Insyirah Ayat 5-6.

Al Qur’an Surat Al-Insyirah Ayat 5-6 :

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Selanjutnya, merenungkan apa yang sudah aku korbankan untuk suatu hal yang sulit itu. Bisa mulai dari waktu, pikiran, tenaga, dan lain-lain. Selain itu, sebisa mungkin berpegang pada kalimat “selesaikan apa yang telah kamu mulai”. Sebab, kalau didunia kesulitan itu pasti ada aja celahnya. Jadi, hadapi aja karena menghindari bukan opsi yang terbaik.