Bagaimana cara menggunakan tools yang ada di Virtual Box?

Cara Menggunakan VirtualBox: Tools yang ada di VirtualBox

Sampai saat ini, anda sudah berhasil membuat VM dengan 2 sistem operasi yang berbeda. Selanjutnya, penulis akan mencoba memperkenalkan anda dengan beberapa tools yang bisa anda pakai.

Menggunakan shortcut keyboard

Ketika anda menggunakan shortcut keyboard di VM yang anda buat, tidak semua shortcut tersebut dapat bekerja. Shortcut umum seperti CTRL + C dan CTRL + V bisa anda lakukan. Jika jendela VM anda aktif, maka shortcut tersebut akan terjadi di VM, bukan di komputer utama anda.

Namun, ada beberapa shortcut yang hanya aktif di komputer utama anda saja. Misalnya saja, coba saja anda menekan tombol CTRL + ALT + DEL saat anda menggunakan VM. Shortcut tersebut aktif di komputer utama anda, bukan di VM. Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya ke VM?

Input Keyboard Ubuntu Virtualbox

Caranya adalah dengan klik menu Input > Insert CTRL-Alt-Del untuk mengaktifkan shortcut tersebut ke VM. Di Ubuntu, shortcut ini berfungsi untuk Log out dari komputer. Anda juga bisa mengatur shortcut lainnya di bagian “Keyboard Settings”.

Aktifkan shortcut menggunakan Host Key

Host Key adalah sebuah tombol khusus yang digunakan oleh VirtualBox yang aktif melalui komputer utama, namun memberikan efek ke VM. Jika anda menggunakan Windows, host key ini adalah tombol CTRL sebelah kanan keyboard anda.

Host Key ini sangat berguna ketika VM anda buka Full Screen dan anda ingin balik ke komputer utama. Untuk masuk ke Full Screen Mode, tekan saja Host Key + F. Maka VM anda akan masuk ke Full Screen dan komputer utama anda tidak akan kelihatan. Disini anda bingung, bagaimana balik ke komputer utama agar bisa digunakan?

Menu View Ubuntu Virtualbox

Tekan saja shortcut tersebut lagi, sehingga ukuran jendela VM akan mengecil dan komputer utama bisa anda gunakan. Shortcut-shortcut yang menggunakan host key ini bisa anda temukan di beberapa menu seperti menu View seperti gambar diatas.

Opsi untuk Shutdown

VM bisa anda gunakan layaknya anda menggunakan komputer biasa. Anda bisa shutdown dan restart seperti biasa, namun hal tersebut hanya berlaku untuk VM, bukan komputer utama. Untuk memudahkan anda dalam melakukan hal tersebut, VirtualBox mendukung shutdown VM lewat tampilan komputer utama.

Opsi Power Ubuntu Virtualbox

Pada jendela VM, ketika anda klik icon “x” seperti animasi diatas, maka ada 3 opsi yang bisa anda gunakan. Berikut penjelasannya:

  • Save the machine state: Proses ini sama layaknya hibernate. Kondisi VM saat ini akan disimpan termasuk program-program yang berjalan. Ketika anda menjalankan VM-nya lagi, program-program tersebut langsung terbuka seperti sebelumnya.
  • Send the shutdown signal: Proses ini akan mengirimkan sinyal shutdown ke VM. Ini sama seperti anda shutdown langsung di VM-nya.
  • Power off the machine: Proses ini akan menutup paksa VM. Ini sama seperti mencabut colokan listrik, sehingga komputer anda langsung mati jika anda menggunakan komputer fisik.

Menggunakan Snapshot

Dengan fitur Snapshot, anda bisa menyimpan keadaan awal dari VM, sehingga kapan saja anda ingin kembali ke keadaan semula, anda bisa menggunakan fitur ini. Snapshot sangat berguna jika anda ingin mengutak-atik VM dan ketika bermasalah, anda cukup mengembalikan ke keadaan semula dengan Snapshot ini.

Tombol Snapshot Virtualbox

Cara menggunakan Snapshot di VirtualBox adalah pilih dulu VM yang ingin anda snapshot. Klik icon option di sebelah kanan dan klik “Snapshots” seperti gambar diatas.

Snapshot Virtualbox

Kemudian, klik tombol “Take” seperti gambar diatas untuk merekam keadaan Windows 10 Tester saat ini.

Deskripsi Snapshot Virtualbox

Berikan deskripsi mengenai rekaman ini. Jika sudah, klik Ok.

Mengetes Snapshot

Mari kita tes bersama. Penulis membuat sebuah file di desktop dengan nama “test-snapshot” . Setelah itu, Shut down VM anda.

Restore Snapshot Virtualbox

Selanjutnya, penulis akan restore ke keadaan semula dimana file tersebut seharusnya tidak ada. Caranya adalah pilih saja snapshot yang sudah dibuat sebelumnya dan klik Restore. Kemudian, anda akan dikonfirmasi kembali mengenai proses ini. Klik lagi “Restore” untuk mengkonfirmasi.

Konfirmasi Restore Snapshot Virtualbox

Anda akan dimintai konfirmasi mengenai snapshot yang ingin anda restore. Jika anda ingin menyimpan keadaan VM yang sekarang, anda bisa mencentang opsi “Create a snapshot of the current machine state”. Klik Restore untuk memulai.

Keadaan Windows 10 Setelah Snapshot Virtualbox

Jalankan VM lagi dan perhatikan bahwa file “test-snapshot” yang penulis buat sudah tidak ada.

Dukungan berbagi File dan Folder antar sistem

Langkah terakhir dalam cara menggunakan VirtualBox adalah berbagi file dan folder. Alangkah mudahnya jika anda dapat berbagi file dan folder entah itu dari komputer utama ke VM atau sebaliknya. Sebelumnya, anda diminta untuk meng-install Guest Additions. Agar berbagi file dapat dilakukan, pastikan anda sudah meng-install Guest Additions.

Menu Setting Virtualbox

Lalu pada jendela VirtualBox Manager, klik kanan VM yang ingin anda hidupkan dukungan berbagi dan klik “Settings…”.

Menghidupkan Dukungan Berbagi File Folder Virtualbox

Lalu pada bagian General > Advanced , ubah pengaturan Shared Clipboard dan Drag ‘n’ Drop menjadi Bidirectional seperti gambar diatas. Jika sudah, klik OK.

Masih banyak hal yang bisa anda lakukan di menu Settings pada VM. Silahkan anda telusuri opsi seperti System untuk mengatur pengaturan Motherboard dan prosesor, Display untuk mengatur layar, dan masih banyak lagi.

Drag N Drop Virtualbox

Untuk mencobanya, jalankan VM-nya dan lakukan drag ‘n’ drop seperti animasi diatas. Maka anda bisa berbagi file dengan mudah, baik dari komputer utama ke VM maupun sebaliknya.

"Referensi

https://windowsku.com/cara-menggunakan-virtualbox-petunjuk-manual/